4 Vaksin Penting Untuk Wanita Dewasa

VIVAnews - Bukan hanya anak-anak yang membutuhkan vaksin. Orang dewasa juga membutuhkan vaksin untuk menegah penyakit berbahaya yang bisa menimbulkan kematian. Padahal sebenarnya, penyakit berbahaya tersebut bisa dicegah sedini mungkin dengan pemberian vaksin.

Ada empat vaksin penting yang dibutuhkan wanita dewasa. Jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin berikut, berkonsultasilah dengan dokter. Ingatlah mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati.

1. Vaksin flu
Komplikasi influenza yang disertai rasa nyeri seluruh tubuh, sakit tenggorokan, hidung berair, batuk, sesak nafas, demam menyebabkan 36.000 kematian tiap tahunnya. Untuk mencegah flu ada dua pilihan vaksin yang bisa dilakukan, yaitu vaksin flu regular dan vaksin untuk menangkal virus H1N1. Vaksin flu regular diberikan setiap satu tahun sekali, dan lebih baik dilakukan antara September hingga Februari. Bayi usia enam bulan sudah bisa diberikan vaksin flu.

2. Vaksin Hepatitis B
Tanyakan riwayat kesehatan Anda pada ibu atau ayah. Jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin hepatitis B, segera berkonsultasi dengan dokter. Vaksin hepatitis B ini sangat penting untuk mencegah penyakit kuning, kanker hati dan gagalnya fungsi hati. Setiap orang harus mendapatkan vaksin hepatitis. Vaksin ini diberikan sekali dalam seumur hidup, dengan cara tiga kali suntikan yang berjarak enam bulan.

3. Vaksin HPV
Vaksin HPV atau yang lebih dikenal dengan vaksin serviks berfungsi untuk menangkal human papilomavirus (HPV) penyebab kanker serviks pada wanita. Pemberian vaksin ini bisa mengurangi risiko kanker serviks hingga 80%. Vaksin ini bisa diberikan pada wanita sedini mungkin mulai dari usia 9 tahun. Vaksin ini sangat dianjurkan bagi wanita yang sudah aktif secara seksual.

Meskipun seseorang sudah terkena HPV, vaksin bisa mencegah terjadinya infeksi yang lebih serius. Vaksin ini diberikan sekali dalam seumur hidup,  dengan cara tiga kali suntikan yang berjarak enam bulan. 

4. Vaksin DPT
Vaksin DPT ini berfungsi untuk mencegah tetanus, difteri dan pertussis (batuk rejan) yang bisa menimbulkan kematian. Anda mungkin pernah mendapatkan vaksin DPT saat kecil. Tetapi vaksin ini hanya mampu melindungi selama 10 tahun saja. Jadi lihat kembali riwayat kesehatan, kapan Anda mendapatkan vaksin DPT dan lakukan setiap 10 tahun sekali. Vaksin ini dapat diberikan pada wanita berusia 19 - 64 tahun, kecuali wanita hamil

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024