Langsing dengan Jurnal Makanan

VIVAnews - Membuat jurnal, daftar atau agenda memang bisa mempermudah segalanya. Tidak hanya untuk mengatur kegiatan tetapi juga bisa membuat Anda lebih langsing dan tentunya sehat.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim dari Kaiser Permanente Center for Health Research, Amerika Serikat, relawan yang membuat jurnal makanan bobot tubuhnya turun dua kali lebih banyak dibandingkan relawan yang tidak membuat jurnal.


Dalam jurnal makanan, Anda diharuskan membuat tabel menu yang terdiri dari tujuh kolom. Ada hal-hal yang harus Anda tuliskan dalam kolom-kolom tersebut.

Tulisan dalam kolom akan membantu Anda lebih disiplin dalam mengontrol dan mengatur pola makan. Jika dilakukan secara konsisten, jurnal makanan ini bisa mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Berikut tujuh hal yang harus ditulis dalam tujuh kolom dalam jurnal makanan.

1. Hari, tanggal dan waktu: tuliskan secara detail hari, tanggal dan jam Anda makan. Hal ini akan membantu mengetahui apakah waktu makan Anda teratur atau tidak. Jika tidak, buatlah waktu makan selalu teratur dan sama setiap harinya.

2. Makanan dan minuman yang dikonsumsi: tuliskan secara detail makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hal ini untuk mengetahui variasi makanan atau menu dan apakah sehat atau tidak.

3. Jumlah kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi : jika Anda mengetahui jumlah kalori tiap makanan tuliskan secara detail. Hal ini untuk mengetahui apakah asupan kalori Anda cukup, berlebih atau justru kurang.

4. Apa yang dirasakan sebelum/selama/sesudah makan (tulis dalam angka 0-5): dalam skala 0-5 tuliskan apa yang Anda rasakan sebelum, selama, dan sesudah makan. 0 untuk sangat lapar dan 5 untuk sangat kenyang.

5. Apa yang dilakukan saat makan : tuliskan apa yang Anda pikirkan saat makan dalam bentuk kalimat. Hal ini untuk mengetahui kebiasaan makan Anda apakah sambil melakukan pekerjaan lain atau tidak.

6. Apa yang dipikirkan saat makan : apa yang Anda pikirkan saat makan juga perlu dituliskan dalam jurnal. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda makan saat dalam keadaan emosi atau tidak.

7. Apa yang dirasakan setelah makan : tuliskan juga yang Anda rasakan setelah makan dalam bentuk kalimat. Hal ini untuk mengetahui, sejauh apa Anda kepuasan Anda pada makanan. Dan, apakah makanan dijadikan pelampiasan emosi atau tidak.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian
Bintang Emon dan Istri, Alca Octaviani

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Kabar ini lantas membuat Bintang Emon keheranan karena sang istri belum lama ini mendapatkan rekomendasi obat dari seorang apoteker.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024