Jangan Sepelekan Empat Sinyal Tubuh Ini

VIVAnews - Ada beberapa sinyal tubuh yang bisa menjadi peringatan kesehatan Anda memburuk. Jika terjadi, sebaiknya jangan disepelekan. Jika mengalami gejala seperti ini, segera melakukan tindakan. Segera hubungi ambulans 118 untuk gejala nomor 1 dan 2, dan segera berkunjung ke dokter jika mengalami gejala nomor 3 dan 4.

1. Sesak napas dan ingin pingsan. Kondisi ini bisa menandakan adanya gumpalan dalam paru-paru yang dikenal sebagai emboli paru (PE). Gangguan paru-paru ini bisa  menyebabkan sekitar 60.000 kematian per tahun. Perlu diketahui, berat badan dapat meningkatkan risiko PE Anda.

2. Sakit tenggorokan. Tahukah Anda, sakit tenggorokan yang tiba-tiba ternyata bisa menyebabkan serangan jantung. Rata-rata wanita sering mengeluh merasa tidak nyaman saat merasa sakit di bagian rahang dan tenggorokan yang diiringi oleh rasa mual, dan berkeringat. Biasanya, jika kondisi tersebut dibarengi dengan kelelahan yang berlebihan bisa memicu serangan jantung.

Sedangkan gejala klasik seperti sakit dada dan lengan lebih sering terjadi pada pria. Menurut  American Heart Assosciation, Setiap tahun penyakit jantung membunuh 16.000 wanita Amerika yang berusia muda di bawah 55 tahun, dan menempatkan 40.000 wanita perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit akibat gejala ini.

3. Perdarahan organ intim. Jika kondisi ini terjadi di luar siklus haid yang normal sebaiknya segera diperiksa. Bercak darah bisa muncul akibat penggunaan alat kontrasepsi baru. Tapi, bercak darah yang berlebihan ini bisa menjadi sinyal terjadi kehamilan ektopik, radang serviks, atau bahkan kanker rahim, kata William Fuller, MD, ketua jurusan kebidanan dan ginekologi di Presbyterian/St. Luke Medical Center, Denver.

4. Diare yang terus menerus. Jika diare dibarengi dengan tubuh kram, atau anus berdarah, sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk segera konsultasi ke dokter. Gejala-gejala ini bisa menjadi tanda-tanda peradangan usus, yang meningkatkan risiko kanker usus besar. Bahkan kanker ovarium dapat muncul pertama sebagai masalah gastrointestinal kronis seperti tekanan lambung, kembung, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series
Salah satu kawasan belanja di Kota Perth Australia

Jelajahi Perth Tanpa Menguras Kantong: Panduan Liburan Hemat dan Penuh Keseruan

Perth, ibukota Australia, bisa kasih experience yang berbeda, terlebih kamu bisa liburan dengan budget yang ramah di kantong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024