Seberapa Akurat Alat Tes Kehamilan?

VIVAnews - Alat tes kehamilan, kini dijual dengan beragam merk di pasaran. Anda pun bisa dengan mudahnya membeli alat ini dengan harga beragam. Bahkan, ada juga yang harganya sekitar Rp 5.000.

Hasilnya pun bisa dengan cepat Anda dapatkan. Dalam hitungan menit, dapat langsung mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Tapi, apakah hasil itu 100% akurat? Ikuti tes berikut ini untuk mengetahui seberapa akurat alat tes kehamilan itu.

Cara kerja alat tes kehamilan rumahan atau test pack, menggunakan urin sebagai parameternya. Dengan menyelupkan alat tes kehamilan yang berbentuk seperti tongkat ke dalam urin, bisa menunjukkan apakah seseorang hamil atau tidak.

Pusat Informasi dan Kesehatan Wanita mencatat, tes kehamilan, jika digunakan dengan benar, menghasilkan hasil yang sangat akurat. Untuk menjamin hasil akurat, ikuti instruksi sampling pada tes dengan tepat. Jangan gunakan alat tes kehamilan jika sudah melewati tanggal kadaluwarsa.

Periksa strip tes dengan hati-hati karena ini adalah kunci yang bisa memberitahukan hasilnya pada Anda. Ingatlah, apa tanda yang diberikan jika hasilnya positif, biasanya tertera pada kemasan. Jika tanda yang ditunjukkan hanya sedikit atau berwarna pudar, maka saatnya Anda segera memastikannya dengan mengunjungi dokter.

Selain itu, yang perlu Anda tahu, akuratnya tes kehamilan di rumah juga dipengaruhi dengan waktu Anda menggunakannya. Ketika Anda hamil, hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang diproduksi dalam tubuh biasanya mulai bekerja enam hari setelah pembuahan.

Konsentrasi hormon dalam urin rendah pada awalnya, kemudian menjadi lebih tinggi dan lebih terdeteksi setiap hari. Ketika dalam waktu satu minggu setelah periode tidak terjawab, maka Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di rumah untuk mendeteksi adanya kehamilan.

Namun, menurut Pusat Informasi Kesehatan Wanita menyatakan bahwa konsentrasi kerja hormon kehamilan bervariasi sepanjang hari, dan konsentrasinya lebih besar di pagi hari. Mayo Clinic juga menyarankan agar melakukan tes kehamilan di rumah pada pagi hari, sebelum minum apa pun yang mungkin bisa mempengaruhi keenceran urin. Hal ini dapat membantu Anda menghindari negatif palsu. Karena, negatif palsu bisa terjadi, dan yang terbaik adalah lakukan kembali tes ulang, untuk lebih meyakinkan.

Walaupun semua tes kehamilan di rumah dirancang untuk mendeteksi hormon kehamilan, namun beberapa disain alat tes tersebut berbeda-beda kepekaaannya. Sebuah studi pada 2004 melakukan pengujian terhadap 18 alat tes kehamilan di rumah yang berbeda merk. Hasilnya,  semua merk cukup konsisten untuk menunjukkan sensitivitas dalam mendeteksi kadar hormon kehamilan meskipun jumlahnya rendah.

Meski Anda telah mendapatkan hasil dari alat tes kehamilan, memeriksakan diri ke dokter tetap perlu dilakukan untuk lebih meyakinkan hasil.

Dengan melakukan tes ulang ke rumah sakit, Dokter Anda dapat mengkonfirmasi apakah Anda sedang hamil dengan tes darah atau pemeriksaan panggul. Jika hasil tes positif saran-saran untuk menjalani proses pralahir akan diberikan untuk memastikan kandungan Anda tetap dalam kondisi yang sehat.

Namun, jika hasil dari alat tes kehamilan di rumah menunjukkan negatif, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter. Sebab, bisa saja gejala-gejala yang diduga seperti gejala kehamilan yang timbul menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan kesehatan lain.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi
Nikita Willy dan Indra Priawan

Nikita Willy Ungkap Sifat Asli Indra Priawan Sebelum Menikah

Baru-baru ini, Nikita Willy membuat pengakuan yang cukup mengejutkan tentang sifat asli sang suami, Indra Priawan. Dalam sebuah konten video yang diunggah di YouTube

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024