Ajak Buah Hati Wisata Alam

VIVAnews - Pengetahuan tentang alam dan kegiatan luar ruang sangat penting untuk membantu tumbuh kembang anak. Dr Seto Mulyadi, psikolog dan pemerhati dunia anak mengatakan bahwa proses tumbuh kembang anak yang baik salah satunya diawali dengan interaksi dengan alam.

“Alam dalam arti luas adalah wahana pendukung utama bagi anak-anak untuk bermain, belajar, dan berinteraksi dengan sesama," kata Kak Seto saapaan akrab Dr Seto saat ditemui dalam siaran pers, Aqua Hadirkan Aksi Wahana Kebaikan Alam untuk Keluarga Indonesia di Grand Melia, Kuningan, Selasa 26 Januari 2010.

Menurutnya, alam merupakan elemen penting untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak, seperti kemampuan bersosialisasi dan kemampuan motorik. Tanpa ada unsur bermain di luar rumah dan akses pengetahuan alam, maka kecerdasan emosional dan kesadaran lingkungan anak tidak akan terasah.

Namun, akses alam menjadi persoalan bagi keluarga di kota-kota besar. Selain keterbatasan lahan alam, anak-anak di kota besar juga harus berhadapan dengan kemudahan akses internet, televisi serta menjamurnya video games online.

Menurut Kak Seto, permainan berteknologi tinggi sebenarnya memberi pengaruh positif jika diterapkan secara proporsional. Tapi, banyak orangtua yang tak mampu menunjukkan manfaat positifnya. "Akhirnya, anak-anak di kota menjadi individualis, kemampuan sosialisasi yang kurang, minat baca rendah, potensi obesitas dan tidak mampu menghadapi tekanan,” terang Kak Seto.

Untuk itu, melalui 'AKSI Wahana Kebaikan Alam', Aqua akan mewujudkan area bermain alam bagi anak-anak Ibu Kota pada Sabtu dan Minggu, 30-31 Januari 2010, di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Wahana itu didesain khusus seperti suasana alam pegunungan dan hutan di tengah kota. Di sana, anak-anak bisa bermain sambil belajar mengenal alam lewat berbagai alat peraga modern yang disediakan seperti bagaimana menguji perbedaan kualitas air berdasarkan sumbernya.

“Masih banyak wahana lain yang kami hadirkan untuk anak-anak agar bisa mengenal alam. Kami harap aksi ini menjadi solusi bagi keluarga Indonesia yang ingin berekreasi sekaligus belajar tentang alam di tengah kota, terhindar dari macet dan dapat dinikmati oleh seluruh keluraga. Wahana ini pun kami sediakan cuma-cuma alias gratis,” kata Brand Director Danone Aqua, Tani Sulaeman.

Jika Anda bingung mengajak buah hati untuk berlibur pada akhir pekan ini, coba masukkan agenda ini ke dalam daftar rekreasi keluarga Anda. Tak perlu ke luar kota atau ke puncak, Anda dan keluarga bisa menikmati sejuknya alam dan keindahannya sambil belajar dan bermain.

Gugatan PDIP Diterima PTUN, Gayus Lumbunn: Permononan Kami Layak untuk Diproses
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

Sebelumnya, beberapa selebgram diamankan terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Mereka diamankan Polres Metro Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024