Tahan Selera Ngemil dengan Kacang

VIVAnews - Ingin ngemil sehat tanpa lemak? Coba konsumsi kacang-kacangan. Berdasarkan penelitian kacang mengandung kalori yang tinggi yang bisa mengenyangkan perut. Kacang-kacangan baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Dengan mengkonsumsi kacang, Anda tidak akan tergoda untuk mengkonsumsi makanan berlemak lainnya.

Kacang mengandung lebih dari setengah kalori, bahkan bisa lebih dari itu. Jika dikonsumsi secara teratur dengan porsi yang pas, kacang bisa sangat berguna untuk kesehatan Anda. Mau tahu manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari kacang-kacangan, berikut manfaatnya;


1.Makan banyak kacang bisa menurunkan risiko penyakit jantung, khususnya bagi perempuan.
Kacang-kacangan kaya akan asam amino yang dapat bermanfaat untuk jantung. Asam amino ini, yang disebut arginin, membantu memberikan rasa rileks untuk pembuluh darah, yang dapat mengurangi bahaya penyakit arteri koroner.

A Harvard School of Public Health penelitian menunjukkan bahwa wanita yang makan kacang secara teratur mempunyai risiko 32% lebih rendah terserang jantung dibandingkan dengan wanita yang menghindari kacang.

Bagaimana makanan lemak tinggi seperti kacang-kacangan baik untuk jantung? Bahaya terbesar penyebab penyakit jantung dan arteri berasal dari lemak jenuh, kebanyakan ditemukan dalam daging dan lemak tinggi produk susu.

Lemak dalam kacang-kacangan adalah paling tak jenuh, yang 'ramah' semacam lemak yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat). Mete, almond, dan kacang penuh dengan lemak tak jenuh tunggal bisa dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Bisa juga konsumsi Kenari kaya omega-3 asam lemak, yang mirip dengan lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam minyak ikan seperti salmon.


2. Kacang-kacangan tinggi protein, vitamin, mineral dan serat.
Produk dari kacang sangat bergizi. Dalam USDA's Food Guide Pyramid, kacang-kacangan disertakan dengan makanan yang kaya protein dalam daging, unggas, ikan,dan telur. Kandungan protein yang ada dalam makanan itu terdapat dalam kacang.

Sepertiga cangkir kacang menyediakan sekitar lima gram protein yang setara dengan satu ons daging. Almond, kacang mete, pinus kacang, kacang tanah, pistachio, dan walnut merupakan kacang yang utama mengandung protein tinggi.

Kacang-kacangan juga dikemas dengan vitamin penting seperti A dan E, dan mineral seperti fosfor, kalium, magnesium, zat besi dan seng. Dan mereka yang tinggi kandungan serat membantu menurunkan kolesterol, juga.

3. Makan kacang dalam porsi yang wajar juga dapat menjadi cara terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat, atau bahkan menurunkan berat badan!
Untuk mereka yang mengkonsumsi kacang secara tidak teratur, mungkin bisa membuat berat badan bertambah. Tapi jika dikonsumsi dengan porsi yang pas bisa membantu menurunkan berat badan.

Nutrisi dan lemak dalam kacang-kacangan cenderung membuat Anda merasa lebih kenyang. Ketika Anda merasa kenyang dari makanan kecil kacang di antara waktu makan, Anda cenderung tidak memiliki dorongan untuk mengkonsumsi daging sebagai makanan selanjutnya. Kacang dipercaya bisa memuaskan nafsu tanpa menyebabkan kenaikan berat badan, tidak seperti karbohidrat tinggi, rendah lemak seperti kue pretzel.

Jika Anda mengkonsumsi kacang dengan jumlah porsi yang terkontrol bisa memenuhi asupan kalori secara ideal, sehingga Anda akan merasa kenyang dan tidak tergiur dengan makanan lemak lain.

Jika ingin mengkonsumsinya, dan cepat mendapatkan manfaatnya, coba mulai saat ini tinggalkan camilan berlemak Anda dan beralih mengkonsumsi kacang-kacangan. Mengkonsumsi 1- 1 ½ ons (segenggam) kacang per hari sangat dianjurkan untuk kesehatan Anda . Sebab segenggam kacang per hari sama dengan 170 kalori yang Anda konsusmsi.

Jika tidak suka mengkonsumsinya secara langung, bisa dikombinasikan dengan makanan lain. Trik nya, campurkan segenggam kacang ke dalam salad, tumisan, pasta atau nasi piring Anda. Bisa juga dicampur ke dalam adonan roti, muffin atau masakan panggang lain. Gunakan kacang sekarang juga sebagai sebagai pengontrol kebiasaan ngemil Anda.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024