Simposium, Pameran dan Pelatihan Dermatologi

Herbal Bisa Atasi Jerawat

VIVAnews - Indonesia memiliki kekayaan alam herbal yang luar biasa. Dan banyak pula penelitian yang dilakukan terhadap tanaman asal luar Indonesia yang telah didokumentasikan bisa bermanfaat untuk menyembuhkan acne atau jerawat.

Namun, jika bisa menggunakan tanaman dari dalam negeri mengapa tidak dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah jerawat Anda.

Menurut Herbal Cosmeceutica untuk Acne, Anna Setiadi Ranti dari Martha Tilaar Innovation Center PT Martina Berto dalam Simposium, Pameran dan Pelatihan Dermatologi Tingkat Nasional “ Acne -New Concept and Challenge”, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari bahan-bahan herbal yang berguna untuk menyembuhkan jerawat.

Karena cara kerjanya yang mengandung bahan aktif anti bakteri, anti inflamasi (Inflamasi adalah bagian dari reaksi tubuh terhadap kondisi cedera), mengurangi aktivitas kelenjar sebaseus dan atau mengurangi kadar sebum serta mepercepat penyembuhan luka.

Berikut beberapa herbal yang bisa bermanfaat mengatasi jerawat :

1. Kunyit


Ekstrak rimpang kunyit mengandung zingiberene , curcumene, alfa dan beta turmerone, curcumin, monodesmethoxycurcumin dan bisdesmethoxycurcumin.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa curcumin dari tanaman ini mempunyai aktivitas anti inflamasi, anti oksidan dan dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Manggis


Kulit buah manggis mengandung tanin, alfa mangostin, beta mengostin, gamma mangostin , garcinone E, 8 deoxygartanin, gartanin dan resin.

Penelitian menunjuukan bahwa tanaman ini mempunyai efek anti oksidan, anti inflamasi dan anti bakteri.

3. Pegagan

Kandungan utama ekstrak herba pegagan adalah triterpenes asiatic acid, madecassic acid dan triterpene ester glycosides hasil turunan kedua asam tersebut yaitu asiaticoside dan madecassoside.

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat mempercepat penyembuhan luka bersifat anti inflamasi dan anti mikroba


4. Ekstak Biji Grapefruit (EBG)

Mengandung kombinasi senyawa bioflavonoid, asam askorbat, tokoferol , asam sitrat, lomonoids, sterol, mineral dan polifenolik. Polifenol terkonversi menjadi senyawa quaternary ammonium dengan gugus aktif difenol hidrobenzen.

EBG punya spektrum yang luas sebagai anti bakteri, anti jamur, anti virus dan anti parasit. Bahan aktif dari EBG merusak membran sitoplasmik mikroorganisme sehingga tidak terjadi penyerapan asam amino. Penelitian juga menunjuukan bahwa EBG dapat menghambat terjadinya cellular respiration.

5. Temulawak

Rimpang temulawak mengandung senyawa kurkuminoid, minyak esensial dari xanthorrhizol, a curcumene dan camphor.

Penelitian menunjuukan bahwa tanaman ini mempunyai efek anti inflamasi dan anti bakteri.

6. Marigold

Kandungan utama bunga marigold adalah triterpene saponins (2-10%). Bahan lainnya adalah flavonoids, triperten oligoglikosida, oleanan tipe triperten glikosida dan seskuiterpene glukosida.

Penelitian farmakologi menunjuukan bahwa ekstrak bunga calendula mempun yai sufat anti inflamasi dengan adanya kandungan triterpenoid ester. Suspensi atau sari bunganya digunakan secara topikal untuk mengobati jerawat, menekan produksi sebum, mengurangi inflamasi, mengontrol perdarahan dan meredakan jaringan yang teriritasi.

7. Tea Tree

Minyak daun tea tree (TTO) mengandung senyawa terpen hidrokarbon terutama monoterpene, seskuiterpen dan seskuiterpen alkohol.

Banyak penelitian yang menunjukkan aktivitas anti bakteri dan TTO yang bekerja dengan cara merusak keutuhan struktur dan fungsi membran bakteri. Beberapa penelitian secara spesifik menunjukkan aktivitas TTO terhadap penyembuhan acne.

8. Witch Hazel

Ekstrak daunnya mengandung asam galat, tanin, proanthocyanins, catechin, flavonoid (kaempferol, quercetin), minyak atsiri dan saponin.

Kandungan tanin yang cukup tinggi (10 persen) membuat ekstrak ini mempuntyai efek astringent dan anti oksidan. Penelitian juga menunjukkan ekstrak ini memiliki efek menyembuhkan , anti bakteri dan anti inflamasi.

9. Nimba

Minyak daun nimba mengandung senyawa nimbin, nimbinin, nimbidin dan azadirachtin.

Banyak dokumentasi pemakaian secara medis menunjukkan aktivitas nimba oil sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran
Kucing Okin Dikabarkan Mati

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!

Kucing Caracal bernama Nala dikabarkan telah mati, Kamis 28 Maret 2024. Kucing ini dipelihara oleh Okin atau dikenal sebagai Niko Al Hakim, mantan suami Rachel Vennya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024