Wajib Dilakukan Memasuki Usia 30 Tahun

VIVAnews - Februari adalah Bulan Jantung di Amerika. Ini bisa menjadi waktu tepat bagi Anda untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung dan stroke sebagai pembunuh tertinggi di dunia.

Untuk menghindari penyakit mematikan itu, mulailah mengontrol tingkat kolesterol Anda secara rutin. Idealnya, mengukur kolesterol wajib dilakukan ketika telah memasuki usia 30. Terutama, jika ada riwayat keluarga memiliki kolesterol tinggi atau masalah jantung. Sebab, kolesterol tinggi dapat melipatgandakan risiko penyakit jantung. Hal ini dapat memungkinkan bagi tubuh Anda untuk menghasilkan terlalu banyak kolesterol.

Perlu Anda tahu, ada beberapa perubahan sederhana untuk menurunkan tingkat kolesterol. Inilah tiga perubahan tersebut!

1. Diet. Mulailah dengan makan lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Gunakan produk makanan yang rendah lemak atau rendah kalori. Ganti mentega, gajih atau margarin Anda dengan minyak zaitun, biji anggur, kanola atau minyak bunga matahari .

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh, makanan mengandung pengawet dan pewarna. Perhatikan kandungan yang ada dalam label makanan kemasan Anda. Bahkan lebih baik, kurangi konsumsi makanan kemasan. Tips ini akan membantu Anda mengurangi lemak jenuh dan meningkatkan serat. Cara ini dipercaya bisa menormalkan kadar kolesterol Anda.

2. Olahraga teratur
Latihan selama 30 menit setiap hari cukup membantu. Latihan dapat mengakibatkan penurunan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah juga lebih stabil. Tidak latihan yang memiliki dampak buruk kecuali jika Anda melakukan latihan terlalu keras. Beberapa latihan cardio umum termasuk berjalan cepat, bersepeda, dan hiking bisa menjadi pilihan olahraga terbaik. Mendaki bukit bisa jadi tantangan baru buat Anda atau berenang adalah pilihan ideal lain jika Anda ingin dampak yang lebih baik.

3. Kontrol Berat Badan
Menjaga berat badan yang sehat bisa membantu mengontrol tekanan darah, kolesterol jahat dan risiko diabetes. Jangan terobsesi pada skala berat, pastikan bahwa nutrisi yang Anda konsumsi mampu menyusutkan pinggang Anda. Ini penting untuk mengurangi lemak perut, karena lemak di daerah ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jangan lupa untuk selalu mengontrol tiga hal penting ini. Lakukan pula hidup sehat setiap hari dan mulailah menyiapkan makanan sehat Anda sendiri dan mengurangi asupan garam tinggi, lemak tinggi, dan porsi yang lebih besar saat makan.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU
VIVA Militer: Irjen TNI Laksdya TNI Dadi periksa kesiapan Satgas Monusco Konga

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Mereka akan menjalani operasi selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024