40 Bidan Jadi Duta Kontrasepsi Oral

VIVAnews - Sebanyak 40 orang bidan dari 17 provinsi dilantik sebagai duta kontrasepsi oral. Peranan bidan dipandang perlu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perencanaan keluarga Indonesia.

Pelantikan bidan bersamaan dengan 50 tahun peringatan kontrasepsi oral (oral contraceptives/OC) di dunia yang merupakan kerjasama antara Bayer Schering Pharma dengan Asia Pacific Council of Contraception (APCOC), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Persatuan Ginekolog dan Obstestrik Indonesia (POGI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Selain pelantikan terdapat pula Bayer Schering Pharma Scientific Event yang memberikan informasi tentang kontrasepsi oral termasuk kontrasepsi regimen terbaru, kontrasepsi oral bagi ibu menyusui serta informasi terbaru sehubungan pemakaian kontrasepsi oral.

Ketua IBI Harni Koesno, mengatakan para bidan yang telah dilantik menjadi OC dapat membantu wanita dengan memberikan informasi tepat mengenai kontrasepsi oral di seluruh lapisan masyarakat.

Saat ini di seluruh Indonesia terdapat 135 ribu bida yang terdiri dari 89.636 bidan pemerintah dan 32.356 bidan swasta.  "Sebagian besar anatara 75-80 persen pelayanan kesehatan yang ada di bidan adalah layanan  kontrasepsi ,"  ujarnya.

Pertumbuhan penduduk 1,49 persen per tahun dan  terget pengurangan pertumbuhan jumlah penduduk menjadi 1,1 persen menjadikan peran bidan semakin besar. Kepala BKKBN dr. Sugiri Syarief menyatakan, penyebaran dan informasi melalui duta OC akan meningkatkan masyarakat akan kontrasepsi oral. "Di sinilah peran bidan dalam pelaksanaan pengetahuan tentang kontrasepsi dan perencanaan keluarga," katanya di pelantikan duta OC di Le Grandeur Hotel Jakarta, Kamis, 18 Februari 2010.

General Manager Bayer Schering Pharma Indonesia Allen Doumit mengatakan keluarga berencana memberikan kesempatan bagi keluarga untuk lebih sejahtera dan kesempatan kepada lebih wanita untuk mengembangkan diri.

Menurutnya, duta OC meningkatkan informasi di kalangan wanita mengenai pemakaian kontrasepsi yang baik dan berpengaruh pada semakin bertambah juga jumlah keluarga sejahtera di Indonesia," terang Doumit.

Pelantikan duta OC 2010 merupakan yang ketiga kalinya. Pada 2008, duta OC sebanyak 42 dan 2009 sebanyak 62 OC.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga
Masyarakat Dubai Main Jetski Saat Banjir (Doc: TikTok)

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Meski dilanda banjir untuk pertama kalinya setelah 75 tahun, warga Dubai, khususnya di kawasan Al Barsha terlihat menikmati momen kebanjiran di wilayah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024