Diet Sehat Ala Mediterania

VIVAnews - Di dunia serba modern dan serba instan saat ini, sulit bagi banyak orang untuk melakukan hidup sehat dengan makanan yang bergizi dan seimbang.

Apalagi bagi mereka yang melakukan diet untuk mengurangi lemak tubuh, seringkali menempuh jalan yang salah. Coba lakukan diet sehat ala Mediterania.

Diet ini dinilai baik bagi jantung Anda dan perlu ditiru karena kebanyakan orang Mediterania memiliki gaya hidup yang sehat, banyak melakukan kegiatan berjalan kaki, serta mengonsumsi makanan sehat dan lezat dengan porsi yang wajar dan seimbang. Ditambah lagi, kebanyakan orang Mediterania, selalu berusaha menghindari stres.

Berikut adalah tips yang bisa Anda tiru untuk melakukan diet sehat ala Mediterania :


1. Gunakan stok sayuran dari dapur dan usahakan memasak di rumah.
Kebanyakan orang Mediterania selalu berusaha memasak sendiri makanannya. Sayuran yang segar, selain bisa memberi rasa tersendiri, juga akan lebih sehat untuk tubuh. Dengan memasak dan memprosesnya sendiri, Anda bisa mengontrol ukuran porsi garam dan kalori.

2.Banyak mengonsumsi protein dari kacang-kacangan dan ikan.
Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging. Untuk mendapatkan kebutuhan protein yang baik, konsumsi kacang-kacangan dan ikan agar diet bisa lebih sehat. Dengan menggusur daging, Anda bisa menghindari lemak jenuh berlebih. Dengan kacang-kacangan dan ikan, asupan nutrisi dan serat bisa tercukupi. Bisa juga mengonsumsi flavanol antioksidan.

Jika sulit mengusir daging dari jadwal makan Anda, cobalah membuat makan malam vegetarian sekali atau dua kali seminggu. Atau membuat jadwal menu fokus dengan makan biji-bijian dan sayur-sayuran ditambah lebih banyak ikan, terutama tuna dan salmon. Ikan yuna dan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung omega 3 asam lemak.

3. Gunakan minyak rendah lemak.
Saat menumis atau menggoreng Anda bisa gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun baik bagi jantung. Selain zaitun, minyak nabati seperti minyak canola dan minyak kenari juga baik untuk kesehatan. Sebab, minyak-minyak tersebut tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat (LDL).

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024