Rahasia Untuk Jantung Sehat

VIVAnews - Lebih dari 41 juta wanita di Amerika menderita penyakit jantung. Jumlah penderita penyakit jantung pada wanita seiring dengan waktu, makin terus bertambah. Bahkan penderita penyakit mematikan ini lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria.

Namun berdasarkan uji coba yang dilakukan dalam penelitian di Swedia, masalah penyakit jantung bisa diatasi dengan melakukan lima gaya hidup sehat, yakni, non alkohol, diet sehat, olahraga setiap hari, berat badan normal dan tidak merokok terbukti bisa mengusir resiko serangan jantung.

Cara ini dipercaya mampu mengatasi masalah penyakit jantung sebanyak 92 persen. Penelitian ini telah diuji coba terhadap 24.000 wanita.

Berikut adalah kiat sehat yang dirancang untuk membantu Anda mengurangi resiko penyakit jantung . Cobalah mulai melakukan rangkaian pola sehat selama sepekan, dan rasakan manfaatnya untuk jangka panjang :

Hari 1: Minum Teh Hijau

Minuman ampuh ini mengandung beberapa antioksidan kuat yang dapat mengurangi kolesterol dan bahkan menurunkan tekanan darah. Untuk membuat minuman sehat ini, siapkan 20 ons air mendidih ,masukkan tiga kantong teh hijau tanpa kafein, dan diamkan selama 10 menit. Jika terlihat berubah warna, Anda bisa menyajikannya dalam teko. Bisa juga ditambah es batu. Nikmati aromanya dan kehebatan rasanya sepanjang hari.

Hari 2: Konsumsi Makanan Sehat Rendah Lemak

Untuk menjaga kesehatan jantung Anda, disarankan tidak mengosumsi lemak melebihi 30% dari kalori. Dan yang lebih penting, hindari penggunaan minyak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh yang bisa diperoleh dari minyak zaitun, kacang-kacangan, coklat hitam, alpukat dan polyunsaturated yang bisa diperoleh dari salmon, biji rami, dan walnut.

Batasi asupan lemak jenuh sampai 7% dari total kalori ( untuk diet 1.600 kalori, itu sekitar 12 gram perhari). Hindari Lemak trans yang biasa terdapat pada kue, biskuit, makanan yang dipanggang dan makanan olahan lainnya. Kedua lemak ini bisa meningkatkan kadar LDL yang dapat menyumbat arteri-kolesterol.


Hari 3: Memasak Sehat

Gunakan MUFA yang kaya minyak zaitun dalam persiapan makanan Anda bila memungkinkan. Jantung sehat bisa menurunkan lemak "jahat" LDL dan menaikkan kolesterol "baik" (HDL). Minyak zaitun kaya antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya, seperti Alzheimer atau kepikunan.

Sediakan selalu Minyak zaitun untuk menggantikan mentega atau margarin di meja makan, dan menggunakannya untuk menggantikan minyak nabati dalam masakan.

Hari 4: Sediakan waktu istirahat yang cukup

Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Journal of American Medical Association, setiap tambahan jam tidur orang dewasa bisa mengurangi risiko kalsifikasi arteri koroner, penyebab penyakit jantung, sebesar 33%. Ketika Anda memiliki waktu tidur yang kurang, tubuh Anda akan melepaskan hormon stres yang menyempitkan pembuluh darah dan menyebabkan peradangan.

Jika Anda secara rutin merasa lelah saat bangun tidur dan selalu merasa mengantuk di siang hari, Anda perlu waspada, bisa jadi Anda kurang tidur. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-8 jam semalam untuk tidur.

Hari 5: Konsumsi banyak serat

Studi menunjukkan bahwa semakin banyak serat yang Anda makan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mendapat serangan jantung. Kurangi konsumsi roti gandum dan sereal yang mengandung gandum, kulit gandum. Perbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan, sup, dan salad. Dalam sehari, Anda wajib mengkonsumsi serat 25-35 gram per hari.

Hari 6: Pesta Ikan

Lemak jenuh daging bisa menyumbat arteri Anda. Di sisi lain, ikan seperti salmon dan jenis ikan lainnya dipercaya kaya akan omega-3 asam lemak yang akan membantu menjaga hati Anda tetap berirama. Mengkonsumsi ikan-ikanan yang mengandung omega-3 dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung hingga 52%!

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024