Merica

Merica
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Merica (Piper nigrum L.) adalah salah satu bumbu yang menjadi primadona masakan. Rasanya yang pedas menyengat banyak dipakai untuk melezatkan masakan.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Pada masa Romawi, merica telah menjadi simbol status kalangan bangsawan dan orang kaya. Hanya kalangan atas yang bisa mencicipi masakan yang menggunakan bumbu merica.

Bumbu ini berasal dari India Selatan. Melaui jalur perdagangan sutra, merica menyebar ke kawasan Asia Timur. Lalu menyebar ke Eropa saat kekuasaan Aleksander Agung mencapai India pada 4 SM.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Segera merica menjadi rempah yang sangat populer. Butiran merica menjadi komoditi yang paling banyak dicari, Harganya pun semakin mahal. Pedagang Arab memonopoli perdagangan merica dan menyebarkannya ke Eropa melalui Mesir.

Indonesia juga merupakan salah satu penghasil merica yang berlimpah. Hal itulah yang membuat bangsa Eropa datang untuk menguasai sumber penghasil merica.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Merica bisa melebur dengan masakan apapun. Baik Asia, Mediteranian, dan Eropa. Merica juga bisa digunakan untuk bahan masakan apa saja, mulai daging unggas, sapi, kambing, seafood, dan sebagainya.

Masakan sayuran seperti salad pun bisa lebih lezat dengan bumbu merica. Meskipun pedasnya menyengat tenggorokan hingga hidung, merica tetap menjadi bumbu favorit.

Jenisnya pun macam-macam. Ada merica putih, hitam, hijau, dan merah. Merica putih lebih banyak digunakan pada masakan Asia. Sedangkan masakan Mediteranian dan Eropa lebih banyak menggunakan merica hitam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya