Agar Buah Hati Tak Pemalu

VIVAnews - Beberapa anak senang sekali menjadi perhatian dan bersikap cukup aktif di rumah. Tetapi, ketika bertemu dengan orang lain yang baru dikenalnya, ia malah diam atau mungkin menyembunyikan diri.

Sikap pemalu ini disebabkan banyak hal. Bisa jadi ia takut, risih, atau tidak terbiasa berada di lingkungan orang banyak. Untuk mengatasi buah hati yang pemalu dan membuatnya lebih berani, ada lima langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Ajarkan kontak mata
Saat berbicara dengan buah hati, perintahkan dia untuk melihat mata Anda. Katakan saja padanya "Lihat mata bunda, sayang", "Kalau bicara lihat mata bunda ya!", atau "Bunda ingin melihat mata kamu, sayang".

Dengan begitu ia akan terbiasa melihat mata orang lain saat berbicara, yang bisa meningkatkan kepercayaan dirinya. Jika buah hati tidak nyaman melakukan kontak mata, katakan padanya untuk melihat batang hidung bagian atas, lama-lama ia akan terbiasa melihat mata.

2. Ajarkan percakapan pembuka dan penutup
Buatlah daftar kalimat untuk membuat buah hati lebih mudah melakukan percakapan. Misalnya: apa yang harus dia katakan dengan orang yang sudah dikenal, orang dewasa yang belum dikenalnya, atau teman baru di sekolah.

Latihlan buah hati, hingga ia merasa nyaman melakukan percakapan. Akan lebih baik Anda langsung mempraktekannya dengan menelepon seseorang yang sudah dikenalnya.

3. Kondisikan dalam situasi
Jangan segan untuk mengikutsertakan anak pada acara sekolah yang memungkinkannya tampil. Bantu dia berlatih bagaimana saat bertemu orang lain, melakukan percakapan hingga mengucapkan selamat tinggal dengan baik. Saat Anda pergi untuk bertemu dengan teman-teman, ajak saja buah hati. Hal ini bisa menghilangkan rasa canggungnya.

4. Latih dengan anak yang lebih muda
Cobalah untuk mengondisikan buah hati dengan teman-temannya yang lebih muda, biasanya mereka lebih percaya diri. Bisa dimulai dengan saudara sepupunya yang lebih kecil, atau teman-teman sekitar rumah.

5. One-on-One
Dr. Fred Frankel, seorang psikolog mengembangkan metode “one-on-one play dates” untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Caranya adalah situasikan ia hanya memiliki satu teman, dan biarkanlah mereka berdua selama beberapa jam untuk beradaptasi. Sediakan mainan dan makanan ringan dan minimalkan interupsi. Jangan biarkan mereka menonton televisi atau bermain permaianan individu, agar mereka tetap berinteraksi.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali mendatangi rumah pribadi Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Selasa malam, 23 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024