Keputihan Usai Bulan Madu

Tanya:
Dua hari setelah pulang dari bulan madu, dari area intim saya keluar gumpalan putih. Gumpalan putih kental itu tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal. Saya hanya merasa ada yang mengganjal. Setelah ke dokter, saya diberi obat yang dimasukkan langsung ke organ intim. Memang sembuh untuk beberapa saat. Setelah obatnya habis, kejadian itu berulang kembali. Berbahayakah keadaan itu? Bagaimana menyembuhkannya?

ltgxxx@yahoo.com

Jawab:
Dari keterangan Anda, saya dapat menyimpulkan bahwa kejadian yang Anda alami masih merupakan sebuah kondisi normal. Mungkin, pada saat melakukan bercinta Anda berada dalam masa subur, sehingga gumpalan tersebut dapat saja merupakan sisa lendir yang memang banyak diproduksi pada masa subur. Sisa lendir tersebut kemudian bercampur dengan sperma dan mengering.

Tetapi, karena kejadian itu berulang, mungkin juga yang terjadi adalah keadaan infeksi yang kepastiannya masih perlu ditunjang oleh pemeriksaan laboratorium. Pada pemeriksaan tersebut barulah dapat diidentifikasi jenis mikroorganisme yang menyebabkannya. Jenis mikroorganisme sangat menentukan jenis obat yang harus dipergunakan untuk mengatasi masalah ini.

Seandainya benar bahwa penyebabnya adalah infeksi, maka pemeriksaan pada suami juga perlu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi pada suami. Apabila suami terdiagnosis menderita infeksi, maka pengobatan perlu diberikan untuk Anda berdua.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Konsultan: dr. Aryo Wicaksana, SpOG

Ilustrasi remaja.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

hasil riset HILL ASEAN Study 2021, mengungkap bahwa Gen Z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas. Mereka tumbuh jadi generasi harmonis.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024