Lokasi Sekolah Pengaruhi Kesehatan Anak

Ilustrasi anak menggunakan tas.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Sebelum menyekolahkan anak, sebaiknya pertimbangan lokasinya. Temuan terbaru mengungkap, sekolah yang dekat dengan jalan meningkatkan risiko dan memperparah asma dan pada anak-anak.

Statistik kesehatan anak-anak di komunitas Southern California Amerika Serikat mengungkap, anak yang bersekolah dekat dengan lokasi polusi udara seperti jalan raya yang ramai kendaraan, memiliki risiko 45 persen lebih tinggi terserang asma daripada anak yang bersekolah di lokasi yang jauh dari jalan raya.

"Paparan polusi di sekolah di mana anak menghabiskan sebagian waktu mereka selain di rumah tampaknya mempengaruhi resiko asma," ujar Dr Rob McConnell, Profesor kedokteran dari Fakultas Kedokteran Keck University of Southern California.

Studi yang rilis dalam jurnal Environmental Health Perspectives melibatkan anak TK dan SD yang sebelumnya tidak menderita asma. Kemudian, selama tiga tahun, peneliti menguji tingkat polusi si sekitar rumah dan sekolah dan mendeteksi gejala asama pada anak. Hasilnya, dari 2.497 siswa, dalam tiga tahun sebanyak 120 anak menderita asma.

"Lingkungan mikro tempat anak menghabiskan waktu dengan aktivitas fisik sangat mempengaruhi kesehatan anak," kata McConnell. "Kebijakan yang mengurangi paparan lingkungan lalu lintas yang tinggi dapat membantu mencegah penyakit ini."

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024