Perangkat Kinclong Berkat Cuka

Wanita bersih-bersih
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Pilihan bahan pembersih yang beredar di pasaran memang cukup beragam. Tak jarang cairan pembersih yang ada saat ini mengandung bahan berbahaya, beracun, atau terlalu mahal.

Padahal sebenarnya di dapur ada cairan ampuh pembersih dan penghilang kuman, yakni cuka. Cairan bening ini bekerja sebagai pembersih, menghilangkan bau dan menghilangkan karat. Beberapa kegunaan cuka di antaranya:

1. Menghilangkan bau wastafel: Campur satu cangkir baking soda, dengan satu cangkir cuka panas. Siram di atas permukaan wastafel dan diamkan lima menit, Kemudian bilas dengan air panas.

2. Menghilangkan bau pembuangan sampah: Buat es batu dari cuka dan siramkan air dingin bersama potongan cuka beku dalam tempat sampah.

3. Bersihkan kulkas dan lemari dapur: Gunakan campuran air dan cuka dan seka permukaan, rak dan bagian bawah.

4. Hilangkan sisa sabun dari mesin cuci piring: Sekali sebulan, tuangkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci piring yang kosong dan nyalakan mesin.

5. Menghapus kotoran di oven : Jika terdapat bintik lemak di pintu oven, tuangkan cuka langsung pada noda, biarkan duduk selama 15 menit, dan lap  dengan spons.

6. Membuat kilau gelas antik: Untuk menghilangkan efek berawan pada gelas, bungkus gelas dengan handuk yang telah direndam cuka. Biarkan beberapa menit, buka dan bilas dengan air hangat.

7. Menghilangkan kapur dan memperbaiki warna ketel teh: Isi ketel dengan cuka dan biarkan hingga dingin. Kemudian bilas dengan air.

8. Hapus noda di cangkir kopi: Buat pasta dengan bagian yang sama cuka dan garam. Gosok dengan lembut dan bilas

9. Noda dan kusam pada wadah makanan:  Lap tempat penyimpanan makanan dengan kain yang dibasahi cuka.

10. Hapus noda di panci aluminium: Didihkan satu cangkir cuka dan satu cangkir air.

11. Mencegah semut berkerumun: Semprotkan cuka di luar pintu dan jendela di dekat jalur yang biasa didatangi semut.

12. Melepas stiker atau label: Tutupi stiker dengan kain yang telah dibasahi cuka. Biarkan semalam dam lepaskan pagi harinya.

13. Membersihkan porselin: Gosok porselin dengan kain lembut yang dibasahi cuka membuat porselin kembali berkilau.

14. Membersihkan pintu kamar mandi dan shower: Semprot dengan cuka dan diamkan beberapa saat 30 - 60 menit, kemudian sikat dengan sikat gigi bekas.

15. Membersihkan toilet: Tuang satu cangkir cuka dalam toilet dan biarkan semalaman. Kemudian gosok dengan sikat toilet.

16. Membersihkan aksesori kulit: Gosok kulit dengan lap halus yang dibasahi cuka. Setelah itu, lap lagi dengan kain kering kering.

17. Membersihkan  microwave: Isi mangkuk microwave dengan 2 cangkir air dan setengah cangkir cuka. Panaskan dalam kekuatan penuh selama 3-4 menit sampai mendidih. Diamkan microwave selama beberapa menit hingga kotoran terlepas sendiri, angkat mangkuk dan lap dengan spons.

18. Menyucihamakan talenan kayu: Lap bagian bawah papan kayu dengan cuka. (umi)

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan
Ning Umi Laila

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

Mendapati hal tersebut, Umi Laila pun akhirnya memberikan klarifikasi terkait ceramahnya yang viral dan dianggap mengghibahi atau menggunjingkan Rhoma Irama.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024