Sehat Berkat Jus Buah

Jus Buah
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Saat ini, makin marak jus buah kemasan yang menawarkan produknya dengan embel-embel promosi “Bebas gula” atau “100% buah asli”. Bagi wanita sibuk yang jarang makan buah, tentu tawaran tersebut cukup menggiurkan. Tapi, benarkah minum jus kemasan sama dengan makan buah?

Sebenarnya, menurut Sheah Rarback, ahli diet dari American Dietetic Association buah segar kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Karena padat dan strukturnya masih utuh, kadar seratnya pun masih baik. Sedangkan pada sari buah dalam kemasan, nutrisinya sebagian hilang setelah melewati proses penghalusan dan penyaringan.

Meskipun begitu, menurut Rarback, jus buah dalam kemasan yang mengandung 100% buah asli, bisa menjadi alternatif kebiasaan mengonsumsi buah. Praktis dan mudah didapat ini membuat produk ini cukup digemari.

Hanya, bedanya dari buah asli, walau tidak ditambah gula, kadar gula (kalori) dalam buah yang dijadikan makanan cair pun lebih tinggi dibandingkan buah utuhnya. Karena, setelah melalui proses penghancuran, gula dalam buah justru sudah keluar, sehingga jadi lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, dengan minum jus buah, berarti proses menggigit, mengunyah, dan menelan tidak ada lagi.

Agar berat badan tidak melambung ketika minum jus buah, dibatasi 500 ml saja per hari, dan dibagi menjadi dua porsi. Misalnya, di pagi dan sore hari. Yang perlu diingat, agar nutrisi buah tidak cepat hilang, ada baiknya jus diminum setelah dibuka. Atau, jika ingin sisanya disimpan, sebaiknya Anda menutup rapat kemasannya, dan disimpan di lemari pendingin.

Selain itu, Anda juga perlu cermat memilih sari buah dalam kemasan. Yang perlu diperhatikan, antara lain:

- Bacalah label pada kemasan dengan seksama. Cermati komposisi bahan dan informasi gizi yang tertera pada label

- Pilih produk 100% buah asli, dan bebas bahan pengawet

- Pilih yang kemasannya masih memiliki penampakan normal, yaitu tidak gembung akibat akumulasi gas yang diproduksi oleh mikroba kontaminan.

-Perhatikan batas waktu kedaluarsa. (umi)

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya
BRI membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024