Daftar Makanan Favorit di Festival Kuliner

Soto Tangkar
Sumber :

VIVAnews - Setiap tahunnya sebuah event menarik bertitel "Festival Jajanan Bango" (FJB), yang khusus menghelat pesona kuliner Nusantara digelar dengan mendapatkan antusiasme yang luar biasa di berbagai kota di Indonesia.

Dalam penyelenggaraan ke-6 kalinya pada tahun ini, sebuah tema unik diluncurkan bagi kaum ibu, yaitu 'Pilihan Ibu Nusantara'. Tema ini digulirkan mengingat besarnya peran seorang ibu di Indonesia dalam memperkenalkan warisan kuliner Nusantara pada keluarganya.

"Ibu adalah pengharmonisasi dalam keluarga di Indonesia, banyak anak-anak yang sudah lupa dengan makanan khas Indonesia namun lewat sosok ibu beberapa warisan kuliner khas Indonesia akhirnya bisa kembali dinikmati oleh generasi mendatang. Oleh karena itu FJB tahun ini digelar dengan tema yang mengedepankan sosok ibu sebagai perekat unik pesona kuliner Indonesia", ujar Memoria Prasita, Senior Brand Manager Bango beberapa waktu lalu.
 
Dalam kesempatan itu hadir juga seorang psikolog wanita dan keluarga, Anna Surti Ariani, Psi yang mengungkapkan kalau seorang ibu adalah penyelamat dalam keluarga.

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

"Seorang anak mungkin saja masih bisa hidup tanpa kehadiran seorang ayah, namun bila tanpa seorang ibu dalam bimbingannya, pasti si anak akan tumbuh secara berbeda atau ada sesuatu yang kurang. Peran ibu artinya jadi besar dalam sebuah keluarga, lewat ibu juga seorang anak bisa mengenal dunia, termasuk salah satunya adalah warisan kuliner Indonesia", kata Anna.

Sedangkan Sitta Manurung, seorang sosiolog makanan yang juga Redaktur Boga di sebuah majalah wanita mengatakan, sebuah makanan itu bisa perlambang dari perkembangan suatu masyarakat dalam suatu daerah.

Jadi, makanan adalah representasi dari hidup suatu masyarakat, selalu ada kisah di balik sebuah makanan, ada makna tersembunyi. Dan, di Indonesia yang kaya dengan banyak warisan kuliner, banyak kisah juga yang kita petik, nilai-nilai semacam ini yang biasanya muncul saat kita hadir di FJB", kata Sitta.

FJB 2010 rencananya akan berlangsung Juli mendatang di tiga kota, yaitu Jakarta, Surabaya, serta Bandung. Para ibu yang menjadi sentral utama perhelatan ini juga memiliki hak untuk bersuara dalam FJB kali ini. Mereka diminta untuk memilih jenis makanan paling favorit mereka untuk tampil di FJB tahun ini, proses pemilihan makanan favorit ini bisa dilakukan lewat jaringan sosial media seperti Facebook atau Twitter.

Cara lain agar jajanan atau kuliner favorit para ibu tampil di program FJB kali ini bisa juga melalui sms ke nomor 0857 505 800 000 dengan memakai formatFJB#nama#kota#pilihanmakanan. Dari suara terbanyak yang masuk, pihak FJB akan mencarikan legenda-legenda kuliner Nusantara untuk mewakili makanan tradisional paling favorit dari para ibu untuk hadir di FJB 2010. (umi)

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!
Westlife

Westlife Bakal Konser di Candi Prambanan, Harga Tiket Mulai Rp700 Ribuan Aja

Dalam tur konser ini, Westlife akan menampilkan lagu-lagu hits yang sukses di puncak tangga lagu seperti Swear It Again, Flying Without Wings, World Of Our Own, My Love.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024