Bahaya di Balik Cemburu Buta

Wanita terbakar cemburu.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Setiap pasangan yang menjalani hubungan pasti mengalami pasang surut. Tapi, tidak sedikit juga, pasangan yang goyah dan mengakhiri hubungannya akibat rasa cemburu berlebihan.

Jika saat menjalani hubungan Anda selalu dibayang-bayangi rasa cemburu, dampaknya pun tak akan baik bagi kesehatan. Seperti dikutip dari situs geniusbeauty.com, rasa cemburu yang berlebihan bisa menganggu daya pandang mata kebanyakan wanita.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Ternyata, para peneliti punya alasan kuat mengapa istilah cemburu buta tersebut digunakan untuk menggambarkan orang yang sedang dilanda cemburu.

Hal ini diungkapkan oleh tim psikolog Amerika yang melihat bagaimana kecemburuan bisa mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Mereka menemukan, secara emosional dampak kecemburuan wanita yang besar dapat mengganggu pandangan mata mereka.

Dalam sebuah percobaan yang melibatkan pasangan, wanita diminta untuk memilih gambar pemandangan indah yang melintas di layar komputer dan diselingi dengan gambar yang tidak menyenangkan.

Sementara itu, pasangan mereka duduk dekat komputer dan diminta menilai daya tarik pemandangan yang ditampilkan. Di tengah-tengah percobaan, peneliti meminta si pria untuk menilai daya tarik wanita lain yang melintas dalam gambar di layar.

Kemudian wanita itu ditanya bagaimana rasa cemburu yang timbul karena pasangan mereka diberi daya tarik wanita lain selama percobaan.

Hasilnya, para peneliti menemukan, ketika wanita diserang rasa cemburu saat ditampilkan gambar sesosok wanita lain, maka kemampuan daya pandang mereka akan semakin menurun dalam memilih gambar pemandangan yang indah.

Para psikolog menyimpulkan, gangguan terjadi akibat kecemburuan akan sosok wanita lain selain dirinya. Jadi, para ilmuwan membuktikan bahwa cemburu benar-benar membutakan. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal 'Ilmu Psikologi'. (pet)

Ilustrasi sosial media

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Fenomena FOMO, yang ditandai oleh perasaan tidak nyaman karena merasa tertinggal dalam hal-hal tertentu, menjadi perhatian dalam diskusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024