Sekeping Cokelat Setara Olahraga 30 Menit

Cokelat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Penderita tekanan darah tinggi kini punya cara baru mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Konsumsi sekeping cokelat setiap hari akan mengurangi risiko dua penyakit itu sebesar 20 persen selama lima tahun.

Makan sekeping cokelat setiap hari memberi efek yang sama dengan olahraga selama setengah jam. Coklat, terutama cokelat berwarna gelap, mengandung bahan kimia flavanol yang berperan membuka pembuluh darah dalam tubuh.

"Penderita tekanan darah tinggi tidak selalu memerlukan obat-obatan untuk mengurangi tekanan darah. Studi menunjukkan ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu," kata Dr Karin Ried, peneliti dari Universitas Adelaide pada studi yang dimuat dalam jurnal BMC Medicine. Studi menggabungkan hasil 15 penelitian selama 1995-2009 yang melibatkan ratusan orang.

Jumlah asupan cokelat yang berdampak signifikan terhadap penurunan tekanan darah bervariasi, antara satu potongan (6 gram) hingga satu bungkus cokelat (100 gram) setiap hari. Bagi penderita hipertensi, makan cokelat mengurangi tekanan darah hingga lima persen. Sedangkan orang dengan tekanan darah normal tidak terpengaruh.

Seperti tertulis di laman Telegraph, jumlah penderita hipertensi di negara maju seperti Inggris terus meningkat. Ratusan ribu penderita hipertensi berisiko menderita serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal setiap tahun. Namun, tak semuanya bisa mengasup obat-obatan. Satu dari 10 pasien tidak dapat menolerir obat hipertensi dan memiliki risiko lebih besar.

Studi awal tahun ini juga menunjukkan bahwa orang yang makan satu bar cokelat seminggu mengurangi kemungkinan stroke sebesar 22 persen. Namun, di samping manfaatnya, kontribusi cokelat terhadap lemak tubuh harus menjadi perhatian. (umi)

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Ingin melihat jenis cokelat termahal di dunia? Klik di sini!

Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024