Tujuh Tanda Pernikahan di Ambang Kehancuran

Ilustrasi Bercerai
Sumber :
  • skelton.co.za

VIVAnews - Dalam sejumlah kasus, kehidupan rumah tangga seringkali dikagetkan dengan gugatan cerai salah satu pihak. Kondisi ini biasanya terjadi lantaran banyak pasangan memendam ganjalan yang dirasakan dalam hubungan sejak lama.

Membiarkan konflik berlarut-larut dalam pernikahan memang bisa menjadi biang masalah yang berujung pada perceraian. Waspadai beberapa keadaan yang mengancam nasib pernikahan, seperti dikutip dari laman Aol.

1. Tidak lagi memiliki kesamaan
Mungkin mereka masih hidup seatap, tidur dalam kamar yang sama, dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, mereka jarang terlibat percakapan intim. Hilangnya komunikasi merupakan gejala utama ada masalah besar dalam perkawinan.

2. Segala perbuatan selalu dianggap salah
Salah satu pasangan merasa tiap gerak-gerik dan tindakannya selalu diawasi dan dikritik. Salah satu juga merasa terintimidasi karena kritik pasangan yang selalu berbau negatif, bahkan untuk sesuatu yang sepele. Semua yang dilakukan seolah selalu salah.

3. Tidak saling berbagi informasi
Pasangan tidak lagi saling berbagi informasi tentang perkembangan karir, masalah-masalah pribadi atau prestasi pribadi. Masing-masing lebih sering curhat dengan orang lain ketimbang dengan suami/istri. Ketika Anda menjadi orang terakhir yang mengetahui informasi penting dalam kehidupan kalian, berarti ada masalah serius.

4. Perubahan penampilan
Seiring waktu, tingkat kenyamanan penampilan di depan pasangan akan menurun. Namun penurunan drastis dalam penampilan dan kebersihan pribadi masing-masing pasangan bisa menjadi tanda tidak ada lagi rasa peduli dalam pernikahan.

5. Mencari penyebab masalah
Anda berdua menonton televisi yang sama, namun tidak saling berinteraksi. Membaca buku atau melakukan hal lain yang lebih menarik menunjukkan ada yang salah dengan pernikahan Anda berdua.

6. Berdebat tentang subjek sama berulang kali
Pertengkaran mengenai suatu masalah yang itu-itu saja menjadi rutinitas kalian berdua. Meski telah bertengkar panjang lebar, kalian tetap tak mampu menemukan solusi.

7. Keintiman adalah bagian masa lalu
Menurunnya kasih sayang dan keintiman secara fisik adalah salah satu gejala yang paling umum dalam sebuah hubungan yang gagal. Keintiman menunjukkan ikatan sebagai suami dan istri. Tidak adanya kedekatan hubungan dan keintiman menunjukkan sedikitnya ikatan emosional sebagai suami-istri.

Bila kehidupan pernikahan Anda dan pasangan mengalami beberapa gejala di atas, mulailah membangun komunikasi yang menjadi masalah dalam hubungan. Jika tak mampu memecahkannya sendiri, bantuan dari orangtua atau orang yang kalian dipercaya bisa memberi solusi. Jika perlu, berkonsultasi dengan konsultan pernikahan sebelum memutuskan perceraian sebagai jalan keluar. (sj)

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024