Susu Terbaik Bagi Tubuh

Minum susu
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Kita mengenal istilah "empat sehat lima sempurna". Penyempurnanya adalah susu. Istilah ini tidak berlebihan karena susu memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk pemenuhan gizi seimbang bagi tubuh.

Seperti kita tahu, susu merupakan makanan cair yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung beraneka ragam nutrisi, mulai dari kalsium, protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia dan membangun gizi seimbang.

Direktur Bina Gizi Masyarakat Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dr Minarto MPS, mengatakan, manusia membutuhkan zat gizi yang tidak bisa digantikan dengan gizi lain. Maka, semakin beragam kandungan gizi yang dimakan akan lebih baik.

Menurutnya, susu merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak gizi, terutama susu segar. "Untuk itu disarankan untuk minum susu segar setiap hari, selain mengonsumsi makanan sehat dan beragam,” kata Minarto, saat ditemui dalam acara Tetra Pak dengan tema "Hanya Susu Segar Untukku", di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa 29 Juni 2010.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Pertanian, Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Prof Dr Ir Zaenal Bachruddin menguatkan bahwa mengonsumsi susu segar sangat dianjurkan. Susu segar mengandung 20 macam protein yang sangat aktif. Namun, sterilisasi dan pengemasan yang baik perlu diperhatikan untuk mendapat manfaat maksimal.

Sistem sterilisasi Ultra High Temperature (UHT) dan pengemasan aseptik merupakan teknik terbaik yang bisa menjamin keamanan dan melindungi gizi minuman dibandingkan proses pemanasan biasa. Sistem UHT mampu memberikan retensi vitamin yang terbaik, karena mampu meminimalisasi tingkat kerusakan mutu dan gizi di dalam susu segar, tanpa perlu bahan pengawet atau pendinginan.

“Susu segar yang masih berada di dalam tubuh makhluk hidup dipastikan steril, namun jika sudah bercampur atau terkena udara luar maka akan mudah terkontaminasi mikroba. Maka dari itu penting untuk melakukan sterilisasi susu segar sebelum sampai ke tangan konsumen,” Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science &Technology (SEAFAST) Center, Purwiyatno Hariyadi,Ph.D menambahkan. (adi)

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024
Logo Mahkamah Agung.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Perusahaan pengolahan hasil laut dengan orientasi ekspor, PT Bumi Menara Internusa (BMI) mengajukan PK atas gugatan sengketa lahan pabrik di Malang ke Mahkamah Agung

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024