Tiga 'Pencuri' Waktu Tidur

Wanita Mengantuk
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Sulit tidur memang sangat menjengkelkan. Efeknya keesokan hari rasa kantuk datang, sulit berkonsentrasi bahkan sakit kepala. Sebenarnya ada hal-hal yang tanpa disadari membuat Anda sulit tidur.

1. Diet rendah kalori     

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

"Jika Anda meminimalisasi asupan kalori dalam tubuh, rasa lapar akan muncul pada malam hari. Hal ini bisa membuat Anda terbangun," kata terapis tidur dan neurolog dari Columbia University, Anne Remmes, M.D.,seperti dikutip dari Real Beauty.

Lalu, jika seseorang mengonsumsi pil diet juga bisa mengalami sulit tidur. Hal itu karena pil tersebut mengandung kafein yang bisa memicu insomnia.  Jadi, jika Anda dalam program diet pastikan asupan kalori terpenuhi dengan baik. Sebaiknya, konsultasi dengan dokter gizi sebelum mengonsumsi pil diet.

2. Bayi

Tak hanya memiliki bayi yang membuat ibu sulit tidur, karena harus menyusui dan mengganti popok secara rutin, ternyata kadar hormon juga memicu insomnia. "Ibu yang baru melahirkan cenderung mengalami sulit tidur karena kadar estrogen pada bulan-bulan setelah melahirkan," kata Dr. Remmes.

Jangan biarkan hal itu terjadi terus menerus. Caranya adalah dengan membuat jadwal teratur pada bayi. Mulai dari makan, mandi, bermain dan tidur. Hal ini akan membuat jadwal tidurnya teratur seperti orang dewasa dan membuat ibu tidur lebih berkualitas.

3. Ngemil 

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Jangan makan menjelang waktu tidur. Mungkin sesekali tidak masalah, tetapi jika Anda sering melakukannya maka akan berdampak negatif jangka panjang pada jam tidur. Ketika tubuh ingin beristirahat dan Anda makan, maka yang terjadi adalah tubuh bekerja kembali dan membuat Anda terjaga.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono saat ini tengah berbahagia. Beberapa hari yang lalu tepatnya pada Senin, 22 April 2024, keduanya dikaruniai anak ketiga.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024