Kunjungi 30 Masjid di 30 Negara Bagian

Masjid di Atlanta, Georgia, AS
Sumber :
  • faithfulinprayer.wordpress.com

VIVAnews - Dua orang muslim Amerika bertekad mengunjungi 30 masjid di 30 negara bagian selama Ramadan tahun ini. Bassam Tariq dan Aman Ali, Ramadan sebelumnya telah mengunjungi 30 masjid di seputar kota New York. 

Menurut Ali, aktivitas yang ia lakukan tak sekadar datang dan menjalin silaturahmi dengan sesama muslim di berbagai masjid di negara-negara bagian lain. "Kami ingin mengamati bagaimana Ramadan di komunitas yang berbeda. Dan kami ingin pembaca tahu ada komunitas muslim di belahan bumi Amerika yang lain," katanya seperti dilansir dalam NPR.

Ali menuliskan semua pengalamannya dalam blog. Ali menyatakan, umat muslim dari berbagai lapisan masyarakat dan latar belakang berbeda bisa menjadi dasar untuk saling bekerjasama dan bergandengan tangan.

Dia menceritakan pengalamannya mengunjungi Masjid Maine yang didominasi komunitas India-Pakistan. Warga muslim di sana telah berasimilasi dengan budaya setempat. Banyak pula yang menikah dengan warga Amerika serta keturunan Maroko. "Ada peleburan budaya di dalamnya," kata Ali.

Tak hanya itu, Ali dan Tariq pun telah mengunjungi mesjid yang menimbulkan kontroversi di Amerika Serikat beberapa hari belakangan. Mereka mengunjungi gedung yang direncanakan akan dibangun masjid yang terletak di dekat Ground Zero. Lokasi itu adalah tempat bekas berdirinya World Trade Center yang hancur akibat serangan 9 September 2001.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

Meski menimbulkan pro-kontra termasuk akibat pidato Presiden AS, Barack Obama, kedua peziarah mengaku, kawasan Park 51 itu sama saja dengan semua mesjid yang pernah ia kunjungi. "Saya merasa masjid itu akan sama saja dengan masjid manapun."

Tujuan perjalanannya ke masjid di penjuru Amerika dilakukan Ali dan Tariq untuk mengingatkan berbagai komunitas muslim Amerika agar tak menyerah dalam perjuangan menjalankan keyakinan agama. Dia berharap, pengalaman yang ia tuangkan dalam tulisan memberi kekuatan bagi komunitas muslim di wilayah terpencil Amerika seperti Midwest hingga ke Pantai Barat agar tetap memegang teguh kepercayaan dan menjalankan ibadah sesuai agama yang dianut.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024