Tak Perlu Baju Baru di Hari Raya

Hobi Belanja
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Bagi sebagian orang, merayakan Idul Fitri masih identik dengan baju baru, dekorasi rumah baru, juga aneka sajian kue kering, ketupat, dan opor ayam. Tak heran jika tingkat konsumsi menjelang hari raya cenderung melonjak.

Mengelola keuangan selama Ramadan menjadi penting agar tak terjadi kekacauan usai hari raya. Buat skala prioritas agar tak mengalami besar pasak daripada tiang.

"Ibu-ibu harus bijak mengelola keuangan, jangan sampai salah perhitungan," kata Ibu Negara, Ani Yudhoyono, di sela-sela acara Pesta Tenun 2010, Ritz Carlton Jakarta, Jumat, 27 Agustus 2010. "Belanja saat puasa dan menjelang hari raya harus dibatasi."

Ibu Ani mengingatkan para ibu agar tak terlena dengan tunjangan hari raya. Jangan sampai, konsumsi persiapan Lebaran menyisakan beban pascahari raya. "Berhematlah dari sekarang, lakukan gaya hidup sederhana dan jangan sampai menyesal belakangan.

Agar THR tidak langsung ludes, solusinya mudah. Lakukan beberapa strategi jitu untuk memaksimalkan manfaat THR.

- Simpan di rekening Anda yang tidak ber-ATM
Agar THR tidak langsung dibelanjakan, pindahkan ke rekening yang tidak memiliki ATM. Hal ini perlu agar Anda tidak ldebit eluasa menarik uang dari mesin ATM, atau berbelanja setiap saat.

- Tabung sebagian
Sisihkan sekitar 10% untuk ditabung. Makin besar porsi untuk ditabung, makin baik. Jika ingin membeli barang,cobalah memilih produk yang memiliki nilai investasi, misalnya emas. Gunakan kesempatan ini untuk menabung lebih banyak daripada biasanya.

- Prioritaskan keperluan
Susun daftar barang atau keperluan yang harus didahulukan. Sisihkan untuk membayar THR orang-orang yang bekerja di rumah Anda, seperti pembantu dan sopir. Alokasikan sebagian uang THR untuk membeli makanan dan kue. Sebaiknya jangan membeli pakaian terlalu banyak. Dengan sedikit mix and match, baju Lebaran lama bisa disulap menjadi baru. Dengan begitu, jatah dana untuk pakaian bisa dialokasikan ke tempat lain yang lebih penting.

- Buat Anggaran mudik
Jika ingin mudik, sebaiknya Anda menyusun rencana jauh-jauh hari. Buatlah perkiraan kenaikan harga tiket yang biasanya melonjak. Kurangi belanja yang tidak perlu. Fokuskan pada biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan mudik, selama di kampung, dan perjalanan pulang.

- Sisihkan untuk melunasi utang
Anda bisa memanfaatkan sebagian uang THR untuk melunasi utang. Mungkin, Anda akan merasa THR lenyap begitu saja tanpa Anda membeli apa pun. Tapi, setelah Idul Fitri usai, Anda akan bisa merasakan betapa ringannya hidup tanpa utang.

- Investasi
THR boleh saja digunakan untuk investasi. Jika ingin aman, sebaiknya berkonsultasilah dengan pakarnya. Salah satu investasi yang aman adalah menggunakan THR untuk membayar premi asuransi pendidikan anak-anak, kesehatan, atau jaminan hari tua. (pet)

Heru Budi Tegaskan ASN DKI Tak Ada WFH: Media Saja Masuk
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby

Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Meningkat Secara Signifikan di Tengah Krisis Pangan

Bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Jalur Gaza mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa hari terakhir ini, menurut juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024