Liburan Akhir Tahun

Nyaman Traveling Lewat Udara

VIVAnews – Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Anda pasti sedang bersiap-siap untuk meninggalkan pekerjaan dan menutup tahun dengan mengisi liburan di luar kota maupun di luar negeri.

Untuk transportasi, dalam mengisi liburan, pesawat terbang selalu menjadi andalan. Selain lebih nyaman, waktu yang ditempuh juga lebih cepat. Tetapi, seperti banyak dialami oleh penumpang pesawat terbang, rasa ketakutan, pusing dan mual selalu muncul saat pesawat lepas landas atau mendarat.

Ada empat masalah umum yang muncul saat naik pesawat terbang.  Berikut cara mengatasinya, agar Anda terhindar dari masalah tersebut dan tetap nyaman dan fit selama di pesawat.

1. Jet Lag
Pemicu : perjalanan panjang yang melintasi zona waktu biasanya akan menimbulkan rasa takut hingga sakit kepala

Sebelum terbang: Jika perjalanan Andamenuju ke arah timur pilihlah penerbangan pagi hari. Jika menuju ke Barat, pilihlah penerbangan pada malam hari. Konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi.

Saat di udara: Jika ada perbedaan waktu, sebaiknya atur waktu di jam tangan Anda sesuai dengan tempat tujuan.

Saat di tempat tujuan: Setelah penerbangan sebaiknya Anda sisihkan waktu unttuk beristirahat saat sampai di hotel atau tempat penginapan. Hal itu untuk menghindari sakit kepala dan mual setelah penerbangan. Jangan lupa untuk mengisi perut. Jangan sampai perut Anda kosong saat berpergian.

2. Dehidrasi
Pemicu: Kurang mengonsumsi air putih, dan rendahnya tingkat kelembaban udara di pesawat.

Sebelum terbang: Setelah melewati pengamanan, beli sebotol air putih. Meskipun penerbangan hanya memakan waktu singkat usahakan untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Jangan sampai tubuh Anda mengalami dehidrasi karena akan berefek buruk pada tubuh.

Saat di udara: Jangan mengonsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein, karena akan mempercepat dehidrasi. Konsumsi air putih tiap jam, untuk mencegah dehidrasi.

Saat di tempat tujuan: Tetap minum air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

3. Nyeri telinga
Pemicu: Saat pesawat lepas landas, tekanan udara membuat telinga bagian tengah juga mengalami tekanan.

Sebelum terbang: Persiapkan permen atau konsumsi obat pereda sakit acetaminophen 30-60 menit sebelum pesawat lepas landas.

Saat di udara: Ketika lepas landas, kunyah permen atau permen karet. Anda juga bisa mencoba menggerakkan mulut seperti menguap. Jika Anda membawa bayi, beri di susu botol

4. Pembekuan Darah (Deep Vein Thrombosis)
Pemicu: Duduk dalam waktu lama terutama saat dalam pesawat membuat peredaran darah tidak lancar. Darah akan terhambat dan membeku bahkan bisa menyebabkan stroke.

Sebelum terbang: Jika Anda memiliki kecenderungan pembekuan darah sebaiknya berkosultasi dengan dokter sebelum melakukan penerbangan.

Saat di udara: Untuk membuat darah Anda tidak membeku, berjalan lah di jalur antara tempat duduk. Atau cobalah untuk membentangkan kaki, lalu regangkan engkel, dan gerakkan hingga jari-jari kaki. Tarik jari-jari kaki ke bawah, lalu lemaskan. Lakukan hingga lima kali

Saat di tujuan: Berjalanlah, agar peredaran darah lancar. Jika Anda mengalami rasa nyeri pada kaki dan napas yang pendek sebaiknya periksa ke dokter. Karena hal itu merupakan gejala pembekuan darah.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024