Teknologi Pengontrol Jajanan Anak di Sekolah

anak makan di sekolah
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Banyak orangtua khawatir buah hati hanya menyantap makanan bergizi di rumah. Mereka seringkali kesulitan mengontrol pilihan jajanan anak di sekolah.

Mengatasi keresahan tersebut, sebuah kantin sekolah di Kardinia International College di Geelong, Victoria, Inggris, memasang teknologi yang memungkinkan orangtua memantau pilihan jajanan anak dari rumah.

Dengan teknologi berupa kartu belanja online, orangtua tak hanya bisa melihat pilihan jajanan anak, tapi juga bisa membatalkan menu pesanan yang dianggap tak memiliki nilai gizi.

Kepala Sekolah John Goodfellow mengatakan, setiap orangtua dapat membeli kartu akses belanja makanan yang tersedia di kantin sekolah. Kartu itu berisi data anak dan jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi.

"Saat menggunakan kartu itu, foto siswa akan muncul dan staf kantin akan melayani mereka sesuai dengan menu yang dibolehkan orangtuanya," kata Goodfellow seperti dimuat news.co.uk.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Jadi, orangtua yang melarang anak mereka memesan menu tertentu, mesin secara otomatis akan menolak transaksi."

Menurut Goodfellow, sistem itu digunakan semata-mata agar para siswa di sekolahnya membeli makan siang yang sehat.

Dokter Gizi, Rosemary Stanton, menilai positif hal tersebut. Menurutnya, orangtua dapat mengontrol apa yang dapat dibeli anak-anak mereka. "Orangtua dapat memantau kebiasaan makan anak. Namun, sebaiknya biasakan sejak dini sehingga anak-anak mengembangkan kebiasaan baik tersebut."

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024