Mungkinkah Hamil Saat Menyusui?

Tanya:
Lima bulan lalu, saya melahirkan anak pertama. Saya memberikannya ASI eksklusif. Masalahnya, karena yang saya tahu bila menyusui tidak bisa hamil, setelah melahirkan saya tidak memakai alat kontrasepsi. Tapi, bulan ini saya tidak mendapat haid. Saya belum memeriksakan lewat test-pack atau ke dokter. Namun, mungkinkah meski memberikan ASI ekslusif, saya bisa hamil?

yanxxx@cbn.net.id

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Jawab:
Tampaknya Anda salah kaprah. Karena, sebenarnya hamil saat menyusui itu bisa terjadi. Memang, perubahan hormon yang terjadi saat menyusui dapat mencegah proses ovulasi dan kehamilan. Tapi, hanya pada kondisi-kondisi tertentu, seperti:

- Anda menyusui secara ekslusif (artinya bayi Anda tidak makan atau minum apapun-bahkan air putih) meskipun hanya sekali pada malam hari. 

- Si kecil berusia kurang dari enam bulan. Setelah ini ia akan mengonsumsi makanan padat, akibatnya Anda akan makin jarang menyusuinya.

- Anda belum mulai haid lagi.

Jika tidak semua faktor di atas Anda alami, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi. Kondom atau metode kontrasepsi lainnya adalah cara terbaik jika Anda ingin bercinta pada enam minggu pertama setelah melahirkan. (kandungan estrogen pada pil atau kontrasepsi hormon lainnya dapat mengurangi produksi air susu Anda, terutama pada awal-awal)

Dokter mungkin akan memperbolehkan Anda mengonsumsi pil setelah enam minggu, jika air susu Anda benar-benar sudah habis. Mintalah pil yang mengandng estrogen dalam dosis ringan, yang seringkali mampu mempertahankan air susu Anda tetap berproduksi

Konsultan:
dr. Melisa – Dokter Umum

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024