Minum Kopi Bisa Membuat Anda Berhalusinasi

VIVAnews - Anda penggemar berat kopi? Hati-hati, jika dikonsumsi berlebihan minuman pendongkrak energi bisa menyebabkan Anda berhalusinasi.

Viral Tukang Parkir Liar Minimarket Getok Tarif Rp 15 Ribu buat THR

Penelitian dari Universitas Dunham menyimpulkan, bila Anda minum lebih dari tiga cangkir kopi murni atau tujuh cangkir kopi instan sehari, Anda cenderung tiga kali lipat lebih mudah berhalusinasi daripada orang yang hanya minum satu cangkir kopi sehari. Penelitian ini dilakukan pada 200 mahasiswa mengenai kebiasaan mengonsumsi kopi.

“Tujuh cangkir kopi instan mengandung 315 mg kafein.  Konsumsi kafein sebanyak ini bisa memicu produksi hormon kortisol. Hormon tersebut dihasilkan saat seseorang mengalami stres. Halusinasi sendiri timbul saat tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol,” kata Simon Jones, yang memimpin peneitian tersebut

Indonesia Lifts Restrictions on Migrant Workers' Carry-on Goods

Penelitian ini menyatakan, mereka yang dalam tubuhnya terkandung kafein tinggi akan tiga kali lebih sering mendengar suara-suara atau bisikan yang sebetulnya tidak ada. Namun, studi itu juga menunjukkan kecenderungan mendengar suara bisikan atau halusinasi itu mungkin bukan pengaruh kafein semata. Akan tetapi, lebih mencerminkan pikiran dari orang yang minum kopi dalam jumlah banyak.

Meskipun hasil penelitian masih perlu diuji lebih mendalam, kesimpulan ini merupakan langkah awal untuk mempelajari faktor-faktor yang berhubungan dengan halusinasi secara lebih lanjut. Jones mengatakan pada penelitian-penelitian sebelumnya diketahui bahwa tekanan seperti trauma masa kecil berhubungan dengan halusinasi.

Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Banyak Luka Tusuk di Tangan hingga Leher

Meski demikian, Jones menekankan bahwa hubungan tersebut bukan sebab akibat. Kalaupun kafein memicu halusinasi, pengaruhnya mungkin tak sebesar faktor psikologis lainnya. Selain itu, tak hanya kopi yang berpengaruh melainkan teh, kopi, dan minuman yang mengandung kadar kafein tinggi.

Penelitian langsung dan percobaan dibutuhkan untuk mengukur hubungan kafein dengan efek halusinasi. Studi lanjutan akan dilakukan terhadap bentuk makanan dan minuman lainnya dalam kaitannya dengan halusinasi.

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Jiper Disikat Hizbullah, 40 Persen Warga dan Tentara Kabur dari Utara Israel

Hizbullah membombardir wilayah utara Israel dalam enam bulan terakhir.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024