FOTO: Pesta Kaum Homoseksual di Dunia

Parade Gay Pride di Kolombia
Sumber :
  • AP Photo/ William Fernando Martinez

VIVAnews - Kaum homoseksual dan transgender di berbagai penjuru dunia menggelar 'Gay Pride Parade'. Gelaran tahunan sejak 1970 ini untuk memeringati kerusuhan Stonewall di New York, Amerika Serikat, pada 28 Juni 1969.

Ketika itu, terjadi bentrok antara kaum homoseksual dengan aparat kepolisian. Bentrok terjadi di tengah protes atas aksi kekerasan polisi di sebuah bar khusus gay di kota New York.

Sorak bahagia mewarnai gelaran tahun ini. Mereka merayakan pengesahan undang-undang pernikahan sesama jenis di negara bagian New York. Dengan undang-undang tersebut, para kaum homoseksual di seantero AS dapat mengikat cinta mereka di kota tersebut.

Sebuah keputusan kontroversial mengingat undang-undang tersebut sempat dua kali gagal diloloskan. Kebanyakan dari para penolaknya adalah anggota senat penanganut Kristen Ortodok, dan pemuka agama Yahudi.

Kini, New York menjadi negara bagian ke-6 dan terbesar di AS yang memperbolehkan pernikahan sejenis. Negara ini membuka pintu bagi kaum gay dari negara bagian lain untuk menikah. Dapat dipastikan, ke depannya New York akan menjadi magnet bagi para pecinta sesama jenis untuk menuju pelaminan.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Di tengah kebahagiaan itu, kaum homoseksual di seluruh penjuru dunia tetap kompak menyerukan peningkatan hak serta penerimaan sosial lebih besar bagi komunitas mereka. Intip kemeriahan gelaran 'Gay Pride Parade' di sini.

Jembatan Comal sisi utara, Pemalang, selesai diperbaiki

Jembatan Comal Dibuka Usai Perbaikan, Jalur Pantura Pemalang Kembali Normal

Jembatan Comal sisi utara kembali dibuka setelah 3 hari dilakukan perbaikan. Polisi memastikan jalur pantura Pemalang kembali normal

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024