Rahasia untuk Terlihat Awet Muda

Tidur Lelap Agar Awet Muda
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Setiap wanita di seluruh belahan dunia, pasti selalu ingin tampil cantik, menarik dan awet muda. Bahkan, tak jarang, para wanita rela menghamburkan uang jutaan rupiah demi tetap cantik dan awet muda.

Proses penuaaan memang sesuatu yang alami dan tak bisa dielakkan lagi. Namun, untuk menanganinya bukan berarti harus mengeluarkan uang sampai jutaan rupiah. Coba ikuti tips sederhana berikut ini yang bisa memperlambat proses penuaan seperti dilansir dari Times of India:

1. Lindungi kulit Anda

Ketika usia bertambah, tanda yang paling jelas dan muncul pertama kali adalah keriput. Dengan bertambahnya usia dan perawatan yang tidak tepat, kulit kita akan menjadi kering dan kasar yang menyebabkan keriput. Salah satu tanda-tanda penuaan adalah munculnya garis-garis tipis di sekitar mata. Ditambah lagi dengan sinar matahari yang bisa merubah warna kulit.

Jadi mulailah memperhatikan kesehatan kulit dan menjaganya dengan baik. Mulai dari scrub, menggunakan pelembab dan tak lupa mengolesi tabir surya setiap menjalani kegiatan. Dan jika keriput mengganggu penampilan, minyak zaitun juga bisa membantu untuk mengusir keriput.

2. Rajin periksa berat badan dan latihan teratur

Pertambahan usia biasanya akan sulit menjaga berat badan. Para ahli mengatakan latihan sangat dibutuhkan agar berat badan tetap stabil setidaknya 30 menit per hari. Bisa berlatih yoga, aerobik, berenang, pilates dan lain sebagainya.

"Ketika Anda mulai melewati usia 30 tahun, latihan adalah sangat penting," kata Leena Mogre, ahli kebugaran.

Kunci agar Anda merasa nyaman saat berlatih adalah menjalani latihan yang Anda sukai. Jadi pilihlah latihan yang bisa membuat Anda nyaman. Dan jangan lupa untuk melakukan pelatihan yang membantu otot-otot wajah Anda.

3. Diet vegetarian

Anda harus mengkonsumsi sayur-sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian serta kacang-kacangan. Akan lebih baik jika Anda memilih makanan yang mewakili warna pelangi seperti bayam, jagung, tomat, paprika, strawberry, blueberry dan anggur. Di piring makan haruslah terdiri 75 persen makanan nabati dan rendah lemak. Diet ini juga membantu untuk melawan penyakit seperti osteoporosis, diabetes dan penyakit jantung.

4. Hindari minum alkohol

Mengkonsumsi minuman alkohol dapat mengganggu efektivitas obat-obatan tertentu. Dan juga dapat meningkatkan resiko beberapa jenis kanker. Jika Anda memutuskan untuk minum, batasi minuman berakohol tidak lebih dari satu gelas sehari.

5. Kalsium

Mendapatkan cukup kalsium dan vitamin D membantu mencegah osteoporosis. Terutama jika Anda sudah melewati usia 50 tahun. Dosis harian yang diperlukan adalah sekitar 1.200 mg. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan suplemen tambahan.

6. Tidur cukup

Tidur sangat penting untuk tubuh kita. Mungkin ada sebagian orang yang tidur hanya 5 sampai 6 jam sementara yang lainnya bisa tidur dalam waktu 9 sampai 10 jam. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk tidur adalah 7 sampai 8 jam. (eh)

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024