Operasi Hidung Bisa Jadi Tanda Sakit Mental

Angelina Jolie - Operasi Hidung
Sumber :
  • geniusbeauty.com

VIVAnews - Tak suka dengan bentuk hidung dan terobsesi ingin memperindahnya? Menurut peneliti asal Belgia, hal tersebut bisa jadi tanda kalau Anda mengalami kelainan mental. Kondisi ini dikenal dengan nama body dysmorphic disorder (BDD).

Yaitu kondisi yang ditandai dengan kekhawatiran berlebih atas 'kelemahan' terkait penampilan fisik. Seperti dilansir dari cbsnews.com, penelitian menunjukkan ada prevelensi antara gejala BDD dengan tingginya angka rhinoplasty, atau operasi hidung. Beberapa gejala juga diketahui berdampak negatif pada kehidupan sehari-hari.

Penelitian selama 16 bulan yang dipublikasi dalam jurnal 'Plastic and Reconstructive Surgery' ini melibatkan 226 pasien berusia 16 tahun ke atas. Mereka  pernah berkonsultasi dengan dokter bedah plastik terkait keinginan untuk memperbaiki bentuk hidung dengan operasi plastik.

Dari sejumlah pasien, ada yang ingin memperbaiki bentuk hidung karena alasan masalah pernapasan, dan hanya dua persen yang memperlihatkan gejala BDD. Tetapi, pasien yang memang ingin mengubah bentuk hidung hanya karena alasan estetika, sebanyak 43 persen memperlihatkan gejala BDD.

Kelainan mental ini umumnya terjadi pada orang sudah mengoperasi hidungnya tetapi terus menerus ingin melakukan 'revisi'. Mereka biasanya selalu merasa tidak puas dengan penampilannya secara keseluruhan. Ahli bedah kosmetik oleh para peneliti juga disarankan untuk tidak melakukan operasi pada pasien yang memperlihatkan gejala BDD.

"Adalah kesalahan besar untuk menawarkan operasi plastik pada mereka (orang dengan gejala BDD). Itu karena mereka tak akan pernah puas sebagus apapun bentuk hidungnya," kata dr Phillip Haeck, pakar bedah plastik di Seattle, Amerika Serikat.

Body dysmorphic disorder
cenderung sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Gejala lainnya adalah perasaan malu yang selalu muncul dan menghindari berada di ruang publik atau tak ingin menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga. (umi)

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Telingaan Aruu khas Suku Dayak

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Suku Dayak, salah satu suku asli Kalimantan, menyimpan kekayaan budaya yang menarik untuk ditelusuri. Bukan hanya Tak hanya tarian hudoq dan kancet papatai yang terkenal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024