Tangkal Efek Negatif Lemak dengan Rempah

Rempah
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Makanan berlemak tinggi memang membuat lidah ketagihan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Untuk menyiasatinya, ada trik khusus yang bisa Anda lakukan.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat, menemukan kalau efek negatif dari makanan berlemak tinggi dapat dikurangi dengan campuran bumbu-bumbu nikmat, seperti kunyit, kayu manis, paprika, dan lada hitam.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition tersebut, dengan menambahkan bumbu-bumbu tersebut dapat mengurangi level trigliserida hingga 30 persen. Hal ini dibandingkan jika makanan tersebut tidak diberikan bumbu sama sekali. Trigliserida merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam aliran darah.

Dalam penelitian, tim melibatkan enam orang pria yang kelebihan berat badan berusia antara 30 hingga 65 tahun. Mereka diberikan makanan antara lain, kari ayam, roti Italian bertabur bumbu, dan biskuit kayu manis.

Pada makanan mereka ditambahkan dua sendok makan rempah-rempah. Seperti rosemary, oregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, irisan bawang putih, atau bawang putih bubuk.

Rempah tersebut dipilih karena mengandung antioksidan potensial. Para peneliti mengambil darah dari responden setiap 30 menit selama tiga jam. Mereka menemukan bahwa aktivitas antioksidan di dalam darah meningkat 13 persen, sedangkan respons insulin menurun sebesar 20 persen setelah makan makanan kaya bumbu rempah.

Dosis antioksidan rempah-rempah yang diberikan setara dengan antioksidan yang terkandung dalam lima ons anggur merah atau 1,4 ons dark chocolate. Para peneliti juga mengungkapkan, jika stres oksidatif berkontribusi terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung, arthritis, dan diabetes, antioksidan bisa membantu dalam memerangi efek negatifnya.

Studi lain yang dilakukan tim dari University of Georgia juga menemukan bumbu dan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, oregano, dan sage bisa menghambat kerusakan jaringan serta peradangan yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Jadi, mulai sekarang perbanyak bumbu rempah dalam masakan berlemak untuk mengurangi efek negatifnya. (art)

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

Sandra Dewi ikut menjadi sorotan publik setelah sang suami, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai salah satu tersangka korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp271 triliun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024