Ritual-ritual di Pernikahan Ibas-Aliya

Ibas dan Aliya setelah prosesi lamaran
Sumber :
  • Abror Rizki/Biro Pers Istana Presiden

VIVAnews - Putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), akan segera melangsungkan pernikahan dengan putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa, yang biasa disapa Aliya. Susunan acara yang akan digelar pada November ini pun sudah dirancang dengan rapi.

Prosesi pernikahan Ibas-Aliya itu akan dimulai pada 22 November 2011 dengan digelarnya siraman kedua  mempelai. Sebelum siraman, pada pukul 10.00 WIB, di rumah SBY dan Hatta Rajasa akan diadakan pengajian.

"Acara siraman dilanjutkan dengan persiapan acara midodareni yang diselenggarakan di rumah calon pengantin wanita di Fatmawati,  rumah Pak Hatta. Acara digelar malam hari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di kompleks Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 10 November 2011.

Saat itu, lanjut dia, Ibas dan keluarganya sudah berada di rumah calon pengantin wanita. Setelah menggelar upacara midodareni yang merupakan adat Jawa, Ibas dan Aliya akan menjalani upacara dari adat Sumatera Selatan, daerah asal  orangtua Aliya. "Acara intern dalam kebudayaan masyarakat pesisir Sungai Komering  yang disebut dengan acara berpacar," ujar Julian.

"Atau acara dimana bujang dan gadis yang akan menikah biasanya melakukan pertemuan dengan teman-teman atau rekan-rekan sekolah dan sebagainya untuk  kemudian ya, semacam pesta perpisahan lah."

Kemudian, pada tanggal 24 November, acara akad nikah digelar. "Pukul 10.00 WIB. Di dalamnya tentu seperti kita ketahui ada ijab kabul dan sebagainya," katanya. "Dan acara resepsi pada 26 malam pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Centre."

Secara keseluruhan, untuk akad nikah akan dilakukan dengan adat Palembang. Sedangkan, saat resepsi akan dilaksanakan dengan adat Jawa. "Tapi tetap ada kesenian dari Sumatera Selatan yang ditampilkan," kata Julian. (umi)

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024