Studi: Berat Tas Pengaruhi Psikologis

pasangan belanja
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Seberapa berat tas kerja yang Anda bawa setiap hari? Atau, saat berbelanja, apakah Anda selalu kerepotan membawa tas belanjaan karena terlalu berat?

Para peneliti menemukan, berat barang yang dibawa secara fisik akan memengaruhi psikis pemiliknya. Membawa-bawa sesuatu yang berat rupanya akan memengaruhi otak menjadi lebih stres serta mempertimbangkan isu-isu besar yang sebelumnya jarang diperhatikan.

Menurut laporan yang diterbitkan dalam Journal of Consumers Behavior, ilmuwan menyatakan,"Kami menemukan bahwa membawa beban berat menyebabkan konsumen untuk merasa lebih stres dan menganggap peristiwa yang lebih penting daripada sebelumnya," kata pemimpin penulis, Meng Zhang, asisten profesor di Departemen Pemasaran di Universitas Cina di Hong Kong seperti dikutip dari MSNBC.

Untuk studinya, Zhang melakukan percobaan terhadap lebih dari 100 orang. Zhang meminta sekelompok relawan untuk membawa tas belanja berisi botol air seberat 10 kilogram. Sedangkan kelompok pembanding membawa tas dengan botol air yang kosong.

Relawan diminta menentukan berapa banyak beban yang sanggup mereka bawa saat berbelanja. Kemudian, kedua kelompok ditanyakan pentingnya mengekspresikan pendapat di depan umum, membaca label nutrisi atau mencipta hubungan sosial.

Hasilnya, relawan dengan tas berat cenderung memiliki skor tinggi pada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan hal-hal penting. Dengan kata lain,  mereka yang menanggung beban berat lebih menganggap segala sesuatu di sekitarnya lebih penting.

Temuan juga menunjukkan ada cara untuk mengurangi beban psikologis, yaitu saat berpikir tentang benda-benda ringan seperti balon dan bulu.

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024