Kenali Istilah Memilih Daging

VIVAnews - Saat membeli daging sapi terutama di supermarket biasanya ada istilah-istilah yang Anda belum ketahui. Nah, agar tidak bingung memilih sebaiknya kenali arti dari istilah tersebut.

Berikut beberapa istilah akan sering Anda temui di counter pembelian daging :

• Grain finished: Jika ada istilah seperti ini berarti daging sapi yang tersedia mengonsumsi padi atau biji-bijian. Biasanya diberi makanan berupa jagung untuk membuat tubuh sapi menjadi gemuk.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Sebenarnya, jagung bukan makanan yang tepat untuk sapi. Dengan mengonsumsi jagung sapi ternak bisa terkena stres atau penyakit tropis, dan untuk mencegahnya biasanya sapi juga diberikan antibiotik. Sapi tersebut juga diberikan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan bobot tubuhnya. Biasanya harganya lebih murah.

• Grass-finished: Istilah grass atau pasture finished menandakan bahwa daging sapi yang dijual diberi makanan berupa rumput dan tumbuhan polong. Kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan kalorinya lebih sedikit dibandingkan dengan grain-finished.

Daging grass-finished rasanya lebih gurih, dan baunya lebih menusuk. Banyak orang mengangap daging grass-fed lebih sehat, karena sapi diperlakukan secara alami. Tetapi, harganya lebih mahal darip pada grain finished. Dan, daging grass-finished biasanya berasal dari Australia, New Zealand, Argentina, dan Brazil.

Aging : Dry-aging adalah proses mengolah daging secara tradisional yang merupakan favorit para pecinta steak. Untuk mengolah dry aging dibutuhkan temperatur dan kelembaban khusus, dan didiamkan selama 10 hari hingga 6 minggu. Makin lama proses pengeringan,rasanya daging akan lebih lezat, teksturnya lebih lembut tetapi daging akan menyusut. Jika daging yang Anda beli bertuliskan tahan dalam 7 hari berarti bukan dry "aging" tetapi "wet aging"

• Pemotongan dan Pembungkusan: Perhatikan betul proses pemotongan dan pembungkusan daging yang akan dibeli. Hal ini akan mempengaruhi kesegaran daging. Agar lebih segar masukan daging di daftar belanja terakhir. Pembungkusan dalam plastik khusus daging yang diberikan segel dan diberikan sedikit udara akan menjaga kesegaran daging.

Tips :
• Lebih baik membeli potongan daging yang tipis. Potongan daging yang tebal cenderung memiliki banyak lemak dan saat di masak akan menyusut.

• Usahakan untuk memilih tempat penjualan daging yang tepat. Jika ibu atau teman Anda sudah memiliki langganan, sebiaknya belilah ditempat itu. Selain, dapat dipercaya siapa tahu Anda bisa mendapat potongan harga.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool
Nyeri sendi

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Setelah melalui sesi latihan olahraga yang intens, banyak dari kita mungkin mengalami sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai Delayed Onset Muscle Soreness atau DOMS. H

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024