Pengobatan Alami Empat Penyakit

akupunktur
Sumber :

VIVAnews - Bila didiagnosis mengalami penyakit tertentu, asupan obat yang diresepkan merupakan hal lumrah. Namun, kerap kali, obat-obatan hanya mengobati sindroma yang menyertai, bukan memperbaiki penyebab yang mengakibatkan gangguan kesehatan.

"Ada terapi alami yang jauh lebih aman, seringkali  lebih efektif, dan lebih murah," kata Dr Jacob Teitelbaum, penulis buku "Real Cause, Real Cure".

Menurutnya, obat-obatan alternatif bisa digunakan namun perlu konsultasi dengan dokter terlebih dulu. Dr Teitelbaum mengatakan, ada pengobatan alami yang memperbaiki kinerja tubuh dan mencegah penyakit.

Berikut pengobatan alternatif yang bisa digunakan untuk mencegah berbagai jenis penyakit, dikutip dari Foxnews.

Obat Pengurang Rasa Sakit

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Obat yang sering diresepkan: Hydrocodone / acetaminophen mulai dari operasi gigi hingga akibat cedera olahraga

Obat Alami: Bahan seperti acetaminophen dapat merusak hati pada penggunaan jangka panjang. Daripada mengandalkan pil, cobalah perhatikan pemicunya.

Sungwon D Yoo, DC, MSAOM, L.Ac, chiropractor dan ahli akupunktur yang menggunakan akupunktur dalam praktiknya di New York menyatakan, "nyeri dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem saraf tubuh kita, sehingga memanipulasi sistem saluran saraf utama ke otak-tulang belakang dapat mengurangi nyeri."

Ilmuwan mengatakan empat sesi pengobatan chiropractic dalam dua minggu menunjukkan perbaikan dalam mengurangi rasa sakit ketimbang melalui pengobatan biasa.

Kolesterol Tinggi

Obat yang sering diresepkan: Statin seperti simvastatin (Zocor) atau atorvastatin (Lipitor)

Statin mencegah hati memproduksi kolesterol dengan menghambat enzim yang diperlukan. Tapi ada cara yang lebih alami untuk memberi pengaruh yang sama  yaitu mengubah diet.

Beberapa makanan seperti gandum, minyak zaitun, dan anggur merah membantu mengurangi peradangan tubuh dan mengurangi kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL secara alami. Bawang putih mengandung asam amino allicin yang melindungi jantung dan menjaga agar kolesterol tak menempel di arteri.

"Makan sekotak kecil cokelat hitam tiga sampai empat kali seminggu lebih efektif membentuk statin alami untuk mencegah jantung," kata Teitelbaum.

Tekanan darah tinggi

Obat resep: lisinopril (Zestril) atau amlodipine besylate (Norvasc)

Pengobatan memainkan peranan penting, namun dengan bantuan dokter dan suplemen yang tepat, Anda dapat mengurangi obat kimia dan mungkin dapat berhenti minum obat resep.

Menurut Teitelbaum, obat digunakan untuk mengontrol tekanan darah, sambil menjalani terapi alami. Dia menyebut, meningkatkan kalium sebanyak 500 mg dan serta 200 mg magnesium setiap hari dengan asupan buah seperti pisang, jus tomat dan air kelapa sehari efektif menurunkan tekanan darah.
 
Hipotiroid

Obat resep: umumnya pasien akan diberi natrium levothyroxine (Synthroid)

Hipotiroisme umum ditemukan pada wanita berusia di atas 50 tahun. Sebanyak 10 persen wanita diperkirakan mengalami hipotiroisme ringan saat memasuki usia 50 tahun.

Obat alami: Perhatikan asupan mineral seperti yodium, besi, atau selenium, karena hipotiroid terjadi akibat tiroid diserang oleh sistem kekebalan tubuh. Namun sebelum melakukannya konsultasikan dengan dokter apakah akan mengonsumsi makanan alami atau suplemen tiroid

"Suplemen kelenjar tiroid memasok bahan baku yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi tiroid. Satu atau dua kapsul tiga kali sehari di antara waktu makan bisa meningkatkan produksi tiroid dalam waktu sebulan," kata Dr Teitelbaum.

Dia mengingatkan agar tak berhenti minum obat sebelum berkonsultasi ke dokter. Pada penderita jantung, konsumsi suplemen tiroid juga dapat memicu jantung berdebar-debar bahkan serangan jantung atau angina. (umi)

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara
Chandrika Chika

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Usai resmi ditahan, orangtua Chandrika Chika langsung menjenguk sang putri. Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry, mengungkapkan bahwa anaknya dalam keadaan yang baik.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024