VIDEO: Reneo, Siap Menjajal Pasar Luar

Rancangan Reneo di Indonesia Fashion Week
Sumber :
  • VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Berkaca dari semakin banyaknya merek luar yang masuk ke pasar Indonesia, beberapa desainer Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) menggandeng Industri Kecil Menengah untuk berkerja sama membuat sebuah merek busana siap pakai, yang nantinya akan dibawa ke pasar internasional.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Reneo, yang dalam bahasa Jawa berarti 'kemari yuk', diciptakan untuk memayungi industri kreatif fashion ke dalam satu kesatuan. Seperti halnya produk fashion impor, desain Reneo juga bergaya urban yang mengutamakan kepraktisan.

Satu hal yang menjadi kelebihan Reneo adalah unsur budaya lokal khas Indonesia yang terselip pada setiap rancangannya. 

"Produk Reneo tidak akan sama dengan produk luar, karena akan lebih memasukkan sisi budaya, meskipun dalam kesan modern," ujar Taruna Kusmayadi, salah satu desainer yang turut mendesain Reneo. 

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Menurutnya, kekayaan alam Indonesia bisa disulap sedemikian rupa agar tampil lebih modern dan bergaya urban. Karena itu, Taruna yang juga Ketua APPMI cukup optimis kalau nantinya Reneo dapat bersaing untuk menjajaki pasar internasional.

Dan benar saja, balutan pakaian yang dipamerkan di panggung Indonesia Fashion Week beberapa waktu lalu memang lebih modern dan tidak terlalu kental dengan kesan etnik seperti pada pengolahan kain tradisional biasanya. 

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Untuk busana kasual, Anda dapat memilih blus dari bahan kaos, batik bermuda, atau, bisa juga memadukan terusan polos berwarna pastel dengan dengan outwear unik berbahan batik ataupun tenun unfinished

Beragam detil juga ditampilkan, dari penggunaan cutting asimetris dan aksen tumpuk. Reneo juga tidak menghalangi para pengguna jilbab untuk bergaya. Merek ini siap dengan padu padan gaun panjang yang playfull. 

Tak sabar untuk mencarinya di pusat perbelanjaan? Lihat dulu video di tautan ini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya