Penurunan Berat Badan Ideal per Minggu

Wanita Gemuk
Sumber :
  • doc.Corbis

VIVAnews - Banyak orang menjalani diet pelangsingan tubuh dengan aturannya sendiri. Tanpa pengawasan pakar kesehatan, mereka umumnya hanya fokus mencapai berat badan ideal secepat mungkin.

Pakar kesehatan Mayo Clinic mengingatkan pentingnya melakukan diet sehat. Selain menjaga keseimbangan nutrisi yang diperlukan tubuh, diet juga harus memperhatikan peluruhan lemak yang realistis. 

Penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 0,5 kilogram per minggu. Artinya, dalam sebulan maksimal turun sekitar dua kilogram.

Mereka menegaskan bahwa kesuksesan program diet tidak berdasar parameter kecepatan penyusutan lemak tubuh, tapi bagaimana pelangsingan itu melalui proses yang menunjang kesehatan jangka panjang.

Untuk menurunkan 0,5 kilogram berat tubuh dalam seminggu, Anda perlu mengurangi sekitar 500 kalori setiap harinya. Ini bisa Anda usahakan melalui pembatasan asupan makanan berkalori tinggi dan olahraga teratur, misalnya jalan kaki sejauh 3,5 kilometer.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badan secara drastis dalam tempo cepat cenderung sulit bertahan. Dalam tempo cepat pula, berat badan mereka kembali melambung.

Jadi, sangat dianjurkan menurunkan berat badan secara perlahan dengan target yang realistis.

Bobot ideal

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Takaran ideal bobot tubuh biasanya ditentukan dengan penghitungan indeks massa tubuh (body mass index/ BMI). Mereka yang tergolong obesitas memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30. Sedangkan orang gemuk dibatasi pada skala 25-30, dan tubuh ideal sebesar 18,5-24,9.

IMT dihitung dari berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan kuadrat (meter persegi). Sebagai gambaran, seseorang berbobot 70 kilogram dan tinggi badan 160 sentimeter memiliki BMI 27,4 kilogram per meter persegi. Angka yang memposisikan dia dalam kategori gemuk itu muncul setelah membagi bilangan 70 kilogram dengan 2,56 meter persegi (1,6 meter x 1,6 meter). (umi)

Siswa SMK di Nias Selatan meninggal diduga dianiaya kepala sekolahnya

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Sanksi sementara terhadap kepala sekolah, kami memberikan sanksi sesuai dengan aturan. Saat ini, proses pembelajaran berlangsung tanpa kepala sekolah (dibebastugaskan).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024