Nyawa Melayang Akibat Diet Spiritual

Diet
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Keinginan seorang wanita Swiss memiliki tubuh langsing tanpa lemak membandel berakhir tragis.  Dia mati kelaparan akibat diet ekstrem, tak makan apapun selama berminggu-minggu.

Surat kabar Tages Anzeiger menulis wanita yang tak disebut namanya memulai diet kontroversial setelah menyaksikan film dokumenter berjudul "In The Beginning There Was Light" pada 2010.

Tayangan dokumenter itu mengisahkan pengalaman dokter Swiss Michael Werner, 62 dan yogi India Prahlad Jani, 83 yang mengaku memperoleh asupan makanan dari sarana spiritual mereka, sebuah konsep yang dikenal sebagai Breatharian.

Werner mengklaim telah hidup tanpa makanan sejak tahun 2001, sementara Jani mengaku hidup selama 70 tahun bukan saja tanpa makan, tapi juga tak minum. Dia hanya mengolah pernapasan dan meditasi.

Wanita yang tinggal di Swiss bagian timur pun memutuskan untuk bertahan hidup sepenuhnya pada diet spiritual ini. Sebelumnya, ia membaca buku yang ditulis seorang Breatharian Australia, Ellen Greve, yang dikenal dengan nama Jasmuheen.

Ibu paruh baya berusia awal 50-an ini kemudian berhenti makan dan minum selama seminggu. Dia bahkan meludahkan air liurnya sendiri sebelum mulai minum air pada minggu kedua dan ketiga.

Kepada anak-anaknya yang merasa khawatir, dia meyakinkan akan segera menghentikan dietnya saat keadaannya membahayakan. Tetapi kemudian, wanita ini ditemukan tewas di rumahnya.

Mengutip Foxnews, hasil otopsi menunjukkan bahwa ia meninggal karena kelaparan. Kematiannya merupakan yang keempat di Swiss terkait dengan Breatharian karangan Jasmuheen yang muncul sejak awal 1990-an. (umi)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024