Wisata Aneh: Kunjungi Makam Pesohor Dunia

Mark Dabbs wisata makam
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Sebagian orang lebih suka menghabiskan liburan ke tempat-tempat terkenal dengan pemandangan cantik dan menyenangkan. Tapi Mark Dabbs, 38, berbeda. Liburan idealnya adalah mengunjungi nisan dan makam orang terkenal.

Ketertarikannya dengan tempat peristirahatan terakhir orang kaya dan tersohor begitu dalam, sehingga ia bertekad untuk berkeliling dunia demi mengunjungi sebanyak mungkin makam. Ia telah merogoh kocek lebih dari £40.000 atau hampir Rp600 juta untuk kegemarannya tersebut.

Dabbs melintasi benua demi melihat kubur para pesohor dunia di masa lalu. Mulai dari makam legenda Kung-fu Bruce Lee di Seattle, hingga tokoh Marxisme Leon Trotsky yang berada di Meksiko.

Dia rela mengantre demi melihat sekilas peti kaca Mao Tse-Tung di Beijing, berpose di samping makam menjulang Beethoven di Vienna, serta mengunjungi tubuh komponis terkenal Chopin di Paris.

Makam-makam Winston Churchill, Ayrton Senna, Martin Luther King, komedian Benny Hill dan penyanyi Samba asal Brazil Carmen Miranda juga pernah menjadi sasaran dari perjalanan panjangnya.

Petualangannya dimulai pada usia 18, ketika ia mengunjungi tempat peristirahatan terakhir John F. Kennedy di Virginia, Amerika Serikat. Sejak itu, Dabbs telah menyeret saudara-saudara bahkan kekasihnya untuk ikut serta dalam misi pencarian kuburannya.

“Mereka biasanya mengeluh karena saya ajak ke tempat-tempat menyedihkan itu, dan bertanya apakah kita bisa pergi ke suatu tempat di mana orang-orang terkenal tidak dimakamkan. Tetapi saya menyukainya,” ujarnya, seperti dikutip Daily Mail.

Beberapa orang mungkin berpikir kegemarannya aneh dan membosankan, namun bagi Dabbs, pergi ke makam-makam tersohor dapat membuatnya tahu lebih banyak mengenai tokoh sejarah.

“Setiap makam bagaikan museum, menceritakan kisah hidup seseorang.”

Ia biasanya melakukan perjalanan wisata unik ini tiga-empat kali setahun, dengan biaya rata-rata £2.000 setara Rp30 juta. Dabbs, yang berasal dari Walsall, West Midlands, Inggris, ini telah mengunjungi semua benua kecuali Antartika untuk berkunjung ke makam.

Perawat Rumah Sakit Walsall Manor ini menyatakan bahwa JFK, Lee Harvey Oswald dan Trotsky masuk dalam daftar makam favorit yang pernah ia kunjungi.

Dabbs berencana untuk berziarah ke tempat-tempat peristirahatan tokoh tersohor lainnya, termasuk Kim II-sung di Korea Utara. Selain itu, ia tertarik untuk melacak makam semua presiden AS dan perdana menteri Inggris.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024