Di Balik Dahsyatnya Harga Tas Hermès

Birkin Bag (kiri) dan Kelly Bag produksi Hermes
Sumber :

VIVAnews - Siapa yang tak kenal dengan handbag mewah Hermès. Desainnya yang sederhana tanpa banyak aksesori mampu menjerat jutaan pecinta tas di seluruh dunia. Pesohor pun berlomba mengoleksi dan memamerkan koleksi Hermès mereka.

Ada dua jenis tas yang menjadi primadona, Kelly bag dan Birkin. Dua-duanya memiliki desain sederhana seharga puluhan hingga miliaran rupiah.

Harga fantastis ini setara dengan proses pembuatannya yang menggunakan jahitan tangan dan material premium berkualitas.

Kelly bag memiliki lima ukuran berbeda yang biasanya terbuat dari kulit buaya, kulit aligator, kulit burung unta, ataupun kulit polos sapi. Kelly bag dapat diidentifikasi dari ujung gesper logam yang dapat dikunci dengan sebuah gembok kecil. Terbalut kulit, kunci tersebut bersembunyi di dalam gesper yang menggantung di pegangan.

Dalam buku 'Anna Johnson’s Handbags, The Power of the Purse', Johnson menunjukkan bahwa pada tahun 1957, Hermès Alligator Bag menghabiskan dua kulit buaya untuk membuat Kelly. Kulit eksotis tersebut diambil dari bagian tangan dan perut.

Proses menjahit sebuah tas Kelly membutuhkan sekitar 18 jam. Setelah material kulit dipilih dan dipotong manual, lembaran kulit tersebut di tata dan dijahit tangan. Bagian bawah kemudian dibuat dengan menggunakan benang linen lilin dan jahitan ganda yang rumit. Bisa dibayangkan susahnya jarum menembus material kulit tersebut.

Langkah berikutnya adalah membuat pegangan dan penutup yang nantinya akan ditambahkan ke tubuh tas. Terakhir, gesper dan empat kaki di dasar Kelly dipasang, tak ketinggalan, gembok ikoniknya.

Bagian dalam Kelly sama rumitnya dengan proses pembuatan bagian luar. Kantong lapisannya dihaluskan, diwarnai, dan di-wax.

Menariknya, sentuhan terakhir mengharuskan Kelly disetrika, untuk menghilangkan keriput dari kulit. Serta, pemberikan logo Hermès sebagai sentuhan paling akhir.

Beda Kelly, beda pula Birkin. Meski memiliki desain yang hampir serupa, Birkin bag lazimnya memiliki tepi bergelombang di bagian penutup. Birkin yang diciptakan berdasarkan keingianan artis Jane Birkin ini juga dijual dalam berbagai ukuran. Masing-masing dapat dibuat sesuai pesanan material kulit, warna, hingga hardware seperti pemasangan butir-butir berlian pada gagang tas.

Sama seperti Kelly, Birkin juga terbuat dari pilihan kulit anak sapi, burung unta, buaya, dan kadal. Salah satu yang paling mahal adalah kulit buaya air asin. Asal tahu saja, tas dengan ukuran yang lebih kecil dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena proses pembuatannya yang lebih sulit dan memerlukan ketelitian yang lebih besar.

Diam-diam Ternyata Israel Terima Sumbangan yang Sangat Besar, Ini Dia Sumbernya

Jadi, pilih mana, Kelly bag atau Birkin? (umi)

Verrell Bramasta liburan ke Jepang bareng keluarga tercinta

Manfaatkan Momen Libur Lebaran, Verrell Bramasta Boyong Keluarga Pergi ke Jepang

Tak main-main, Verrell Bramasta bersama keluarga akan menghabiskan waktu liburan di Jepang selama kurang lebih dua minggu.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024