Mata Sehat Bersinar di Cuaca Panas

Mata sehat
Sumber :
  • Corbis

VIVAlife - Tidak hanya kulit yang memerlukan perawatan dan perlindungan dari sinar matahari, tetapi juga mata Anda. Mungkin Anda pernah merasakan mata panas dan perih ketika berjam-jam berada dalam paparan sinar matahari. Apalagi, udara yang panas, kering dan berdebu membuat mata jadi mudah berair.

Itu tandanya Anda harus mulai melakukan perawatan dan perlindungan pada mata Anda. Mau tahu caranya?

1. Lindungi mata dengan kacamata hitam

Panglima TNI Geram Anak Buahnya Tewas karena Ulah OPM: Kemarin Danramil Saya Ditembak

Pastikan Anda tidak pernah lupa menggunakan kacamata hitam. Pilih kacamata berbingkai besar yang mampu menutupi pelipis Anda. Ini akan mencegah mata dari paparan sinar ultra violet yang berbahaya, juga debu, dan asap.

Selain itu, menggunakan kacamata hitam mampu mencegah munculnya keriput di mata. Karena, jika Anda sering mengernyitkan mata dan dahi, garis-garis halus di dahi dan mata akan cepat muncul.

2. Rajin mencuci mata

Udara yang panas dan berdebu bisa membuat mata Anda kotor dan kering. Karena itu, rutinlah memercikkan air dingin pada mata setidaknya tiga kali dalam sehari untuk menghilangkan partikel debu yang masuk ke mata Anda.

3. Atasi alergi mata

Dirugikan Wasit, Ini 5 Fakta Timnas Indonesia Usai Ditekuk Qatar di Piala Asia U-23

Jika mata Anda kerap terasa perih, baik di udara panas maupun dingin, itu bisa menjadi pertanda kalau Anda menderita alergi pada mata. Untuk mengatasinya, jangan menggosok mata Anda dengan tangan yang kotor. Karena, hal tersebut hanya akan memperburuk alergi dan dapat menyebabkan stres pada mata.

Selain itu, hindari duduk terlalu dekat dengan AC. Udara AC hanya akan semakin membuat mata kering dan iritasi.

4. Hindari penggunaan lensa kontak

Karena udara di musim panas akan rentan berdebu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak. Debu pada udara akan membuat mata Anda iritasi, apalagi kalau Anda menggunakan lensa kontak.

5. Hindari tata rias mata

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Jika Anda merasa gatal pada mata atau sedang mengalami iritasi, ada baiknya untuk tidak menggunakan tata rias mata. Dan, jangan lupa untuk menghapus riasan mata sebelum tidur, jika Anda tidak ingin terbangun dengan mata yang merah.

6. Hidrasi mata

Di musim panas, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menjaga kadar air dalam mata dengan menggunakan tetes mata secara teratur. (art)

ilustrasi penjara.

Geger Aktivis Dipenjara 5 Tahun karena Kecam Negaranya Pro-Israel

Aktivis Abdul Rahman Zankad ditangkap bulan lalu setelah memposting di Facebook tentang perang genosida Israel di Gaza dan keputusan Rabat pada 2020 untuk menjalin ini

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024