7 Makanan Pengganti Cairan Tubuh

sayuran sehat
Sumber :
  • Getty Images

VIVAlife – Hampir sebagian tubuh manusia tersusun oleh cairan sebanyak 55-75 persen dari berat tubuh. Artinya, seseorang yang memiliki berat tubh 50 kilogram, memiliki cairan sebanyak 27-33 kilogram di dalam tubuhnya.

Kestabilan cairan dalam tubuh harus terjaga. Karena, kekurangan cairan akan berdampak negatif pada kesehatan.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Tak hanya asupan air minum, pemenuhan kebutuhan cairan juga dapat dibantu lewat asupan makanan yang mengandung air. Meski kadar airnya tak terlalu signifikan, sayuran dan buah membantu melawan dehidrasi.

Ketimun
Daging ketimun hampir sebagian terdiri dari air. Kaya vitamin C dan asam caffeic yang berfungsi untuk membantu penenangan pada kulit dan pembengkakan pada mata.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Salad
Campuran salad yang terdiri dari daun lettuce, akan memberikan asupan cairan tubuh sebanyak 95 persen. Dengan kata lain, Anda akan cepat merasa kenyang saat konsumsinya. Sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Saus tomat
Siapa sangka kalau saus cocolan satu ini juga dapat menyumbang cairan tubuh. Ya, dalam kandungannya Anda akan menemukan 90 persen air. Setengah cangkir saus tomat yang Anda konsumsi hanya akan meberikan 50 kalori dengan nol lemak. Wow, masih ingin berpaling ke saus cabai?

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Terong
Sayuran bewarna ungu ini memiliki banyak khasiat. Dengan kandungan serat dan air yang tinggi, membuat terong menjadi makanan wajib saat berdiet. Sayuran ini juga sering digunakan untuk terapi kalori. Tapi, agar aman dan sehat sebaiknya hindari penggorengan. Tekstur yang lembek membuat terong mudah menyerap minyak.

Zucchini
Dengan 95 persen air di dalamnya, zucchini menjadi salah satu jenis sayuran pengganti cairan tubuh. Satu porsi sayuran hijau, memiliki kurang dari 20 gram kalori. Selain itu sayuran keluarga timun ini juga kaya folat, kalium, vitamin A dan C.

Semangka
Sebuah studi di sekolah kedokteran Aberdeen, 2009, menemukan bahwa sayuran dan buah menjadi penangkal baik saat dehidrasi ketimbang berolah raga. Semangka misalnya, buah ini menjadi puncak nomor satu buah dengan cairan tertinggi dengan kandungan air 92 persen .

Paprika
Meski mengeluarkan aroma cabai, paprika juga memiliki kandungan air yang cukub tinggi. Dalam tiga buah warna paprika mengandung 92 persen air. Sayuran yang akrab dikenal dengan bell peppers ini juga memiliki nutrisi sehat lainnya, seperti vitamin C. tiamin, vitamin B6, beta karoten dan asam folat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya