Trik Sederhana Agar Bernafsu Makan Sayur

Sayuran
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Membujuk anak makan banyak sayur terkadang bukan perkara mudah. Karenanya, perlu siasat jitu yang dapat meningkatkan gairah mengonsumsi sayur secara maksimal.

Dikutip dari Register Guard, tim peneliti University of Oregon di AS merekomendasikan untuk menjauhkan minuman bersoda atau minuman manis lainnya saat anak sedang makan. Ganti sajian pelepas dahaga itu dengan air putih.

Peneliti T Bettina Cornwell dan Anna R McAlister menelaah kebiasaan makan dan minum 60 remaja berusia 19- 23 tahun. Mereka yang mengasup soda dan makanan berkalori jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang mengasup soda dan sayur.

Dalam studi yang dipublikasikan di Jurnal Appetite ini, peneliti juga melakukan pengamatan terhadap kebiasaan makan 75 anak usia 3-5 tahun. Mereka membandingkan kuantitas asupan sayur saat anak disuguhi segelas soda dan air putih.

Hasilnya, anak-anak cenderung menyantap lebih banyak sayuran seperti wortel atau paprika merah, ketika diberikan minuman pendamping air putih. Motivasi konsumsi sayur lebih rendah saat berhadapan dengan minuman berwarna yang manis.

Cornwell menyimpulkan bahwa asupan air putih meningkatkan nafsu untuk mengonsumsi sayur. "Rekomendasi sederhana kami berdasar studi ini adalah sajikan minuman air putih saat makan," ujarnya. (ren)

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Pemeriksaan Firli Bahuri di Bareskrim Polri

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan tersangka mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mandek.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024