Indahnya Cumi-cumi Bercahaya di Teluk Toyama

Firefly squid
Sumber :
  • amusingplanet.com

VIVAlife - Bergerak-gerak di perairan teluk Toyama, Jepang dan memancarkan cahaya. Ini bukan lampion yang dihanyutkan, melainkan Firefly Squid, spesies cumi-cumi yang bisa memancarkan cahaya.

Panjangnya hanya tiga inci dan tubuhnya mengeluarkan cahaya warna biru gelap. Dalam tubuhnya, seperti dilansir dari amusingplanet.com, terdapat organ khusus penghasil cahaya yang disebut photophores. Organ ini terdapat di ujung tentakel dan di sekitar mata.

Ribuan photophores kecil terdapat di seluruh tubuh cumi-cumi, memberikan kemampuan memancarkan cahaya. Di tengah teluk, spesies cumi-cumi cantik ini ditemukan dalam jumlah yang fantastis.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Firefly squid
Biasanya, Firefly Squid  hidup pada 1.200 kaki di bawah air. Ombak di teluk Toyama mendorong cumi-cumi tersebut ke permukaan dalam jumlah besar. Berton-ton jumlahnya, dan  ditangkap sekitar bulan Maret sampai Juni.

Musim kawin cumi-cumi jenis ini juga terjadi pada periode yang sama. Jumlahnya yang mencapai jutaan datang bersama untuk bereproduksi dan menjatuhkan telur mereka di Teluk Toyama. Berkumpulnya cumi-cumi terlihat seperti satu cahaya besar yang jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. 

Fenomena ini juga memancing makhluk laut lainnya seperti burung laut yang memakan cumi-cumi yang telah mati. Cumi jenis ini juga diolah menjadi makanan lezat di Jepang.
 
Pada pagi hari setelah pukul tiga dini hari, perahu yang dinaiki para wisatawan berangkat dari pelabuhan ikan Namerikawa di prefektur Toyama. Namerikawa juga merupakan rumah dari satu-satunya museum Firefly Squid di dunia.

Setelah berlayar sekitar satu sampai dua kilometer dari pantai, cahaya yang dipancarkan oleh firefly squid menyebabkan permukaan laut bersinar biru. Cahaya ini dapat berubah serentak membentuk berbagai macam pola.

Ini bukan hanya semata gerakan tapi juga cara Firefly Squid berkomunikasi. Baik untuk mengenali musuh maupun mencari pasangan. Spesies ini juga dapat menyamarkan bentuk aslinya untuk melindungi diri dari  predator pemangsa dan memungkinkan untuk melarikan diri.

Cahaya digunakan oleh Firefly Squid untuk menarik mangsa dengan mengedipkannya. Dari jutaan spesies bercahaya yang kemudian berkedip-kedip, membuat teluk Toyama tampak seperti lantai dansa yang dilengkapi dengan lampu bercahaya.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Firefly squid

Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024