Botak, Hati-hati Gangguan Jantung

botak
Sumber :

VIVAlife  - Cek, apakah rambut di kepala Anda semakin lama semakin menipis. Ini bukan saja tanda penuaan. Kepala botak juga dapat mengindikiasikan adanya gangguan jantung. Kesimpulan itu berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Copenhagen, Denmark, seperti dikutip Daily Mail. 

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Selain timbunan lemak di sekitar mata, penyakit jantung juga diikuti dengan tanda kebotakan. Para ilmuwan juga menyimpulkan bahwa benjolan di bawah kulit pada lengan ataupun kaki juga merupakan tanda dari hiperkolesterol, yang menjadi pemicu gangguan jantung. Mereka memiliki resiko 57 persen lebih tinggi pada serangan jantung, dan 39 persen peningkatan resiko serangan jantung. 

Penelitian yang dilakukan pada 10 ribu lebih responden berusia 40 tahun keatas, menunjukkan bahwa sebagian besar mereka yang memiliki gangguan jantung, berkepala botak. 7.537 mengalami kebotakan di bagian depan, dan 3.938 botak pada bagian atas kepala. Sementara 3.405 memiliki lipatan daun telinga, dan 678 memiliki timbunan lemak di sekitar mata. 

Susunan Pemain Indonesia Vs Hong Kong di Uber Cup 2024

Dalam studi tersebut, para peneliti mencatatkan jumlah uban, keriput pada kulit, dan tingkat kebotakan, deposit lemak, dan lipatan daun telinga. 

Dr Anne Tybjaerg Hansen, kepala penelitian ini mengatakan: "Tanda-tanda penuaan mencerminkan usia fisiologis atau biologis, bukan usia kronologis. Memeriksa tanda-tanda penuaan harus menjadi bagian rutin dari pemeriksaan fisik oleh dokter."

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Sebelumnya, penelitian dari Harvard Medical School, juga menyatakan bahwa pria dengan kebotakan di puncak kepala memiliki 36 persen peningkatan risiko penyakit jantung. Sedangkan kebotakan pada bagian depan hanya memiliki resiko 9 persen. Kebotakan ini dikarenakan kadar testosteron yang tinggi, dan kurangnya suplai darah ke folikel rambut.

Viral keribuatan Avsec Bandara Soetta dengan penumpang

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Perselisihan antara petugas aviation security atau avsec dengan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024