Empat Sinyal Tubuh Anda Kekurangan Gizi

VIVAnews - Kebiasaan makan yang kurang tepat seringkali membuat asupan nutrisi tidak seimbang. Untuk mengetahuinya, sebenarnya tubuh berusaha memperingatkan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pola makan Anda. Apakah Anda menyadarinya? Simak tanda-tandanya!
 
1. Kulit kering
Bila kulit terasa kering, kasar, dan bersisik, kemungkinan besar kondisi ini menandakan Anda mengalami defisiensi vitamin A. Itu artinya Anda kurang mengonsumsi buah-buah dan sayuran yang berwarna.

Makanya, perbanyak makan bayam, kangkung, wortel, brokoli, labu kuning, ubi jalar, dan lainnya. Selain itu, lalapan mentah juga dapat disantap sebagai sumber vitamin A, misalnya, daun kemangi, tomat, daun peterseli, dan selada air.

2. Rambut kusam
Kalau rambut Anda terlihat kusam, kering dan tak berkilau, biasanya disebabkan karena Anda mengalami defisiensi protein atau zat besi. Kondisi ini seringkali terjadi pada wanita yang menjalani diet semaunya saja, tanpa memperhatikan kecukupan asupan nutrisi. Untuk mengatasinya, tidak ada cara lain untuk menata kembali program diet Anda. Jika perlu, berkonsultasilah pada ahli gizi.

Untuk permulaan, santap beragam jenis makanan, terutama yang kandungannya kaya protein nabati, yang mengandung biotin (kelompok vitamin B kompleks) yang penting untuk kesehatan rambut dan kuku Anda, seperti kacang merah, kacang hijau, kedelai, tempe dan kembang kol.

3. Sendi-sendi gemeletuk
Bila lutut Anda kerap terasa ngilu, kemungkinan Anda sangat kurang mengonsumsi ikan. Padahal, asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan, terutama salmon dan tuna, berkhasiat ‘melumasi’ persendian tulang sehingga dapat digerakkan dengan mulus.

Di samping itu, omega-3 bermanfaat melancarkan aliran darah, sehingga dapat mengurangi radang dan rasa ngilu pada persendian. Untuk mengurangi rasa ngilu pada sendi, santaplah hidangan ikan minimal dua kali seminggu.  

4. Sulit buang air besar
Selain berat badan berlebih dan kadar kolesterol tinggi, sembelit juga merupakan pertanda Anda memiliki pola makan yang buruk. Tubuh rata-rata memerlukan 25 gr serat setiap hari. Sayangnya, menurut penelitian USDA Human Nutrition Research Center di Boston, kebanyakan wanita, terutama yang bekerja, hanya menyantap separuhnya. Karena itu, mulailah menambah serat setiap hari.

Sebagai sarapan, Anda bisa menyantap semangkuk sereal, salad, atau gado-gado. Dan selingannya, konsumsilah buah kaya serat, misalnya buah yang dimakan bersama kulit, seperti apel, pir, jambu biji, dan lainnya.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat memberikan keterangan pers di Puncak Perayaan Hari Konsumen Nasional di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, 24 April 2024 [dok. Kemendag]

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, saat ini revisi Permendag No. 36/2023 terkait Kebijakan dan Peraturan Impor sudah berada dalam tahap h

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024