Gemuk karena Obat

Tanya:
Saya (22) tergolong bertubuh gemuk (150 cm/59 kg). Sudah beragam cara berdiet saya jalani, namun tidak kunjung berhasil. Menurut cerita ibu saya, ketika berusia 1 tahun berat saya hanya sekitar 7 kg saja. Dokter mengira berat saya yang kurang itu karena pengaruh penyakit bronchitis. Lalu saya diberi suntikan antibiotik sebanyak 40 kali dan meminum obat yang mengandung hormon, yang menurutnya  untuk meningkatkan nafsu makan. 

Apakah pengobatan yang saya jalani ketika kecil dulu masih ada pengaruhnya hingga kini? Jika masih, apakah gemuk karena obat dapat diubah menjadi langsing?

gdxxx@hotmail.com

Jawab:
Kemungkinan karena bronchitis yang Anda derita waktu kecil, Anda diberi sirop Orgabolyn untuk merangsang nafsu makan. Sirop seperti itu tidak diberikan lagi pada masa sekarang. Pada dasarnya, gemuk karena apa pun dapat diatasi asalkan motivasi Anda cukup kuat untuk menjalankan program diet yang disertai olahraga.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Program diet dengan gizi seimbang harus Anda jalani secara konstan. Anda perlu mengurangi pemakaian minyak dan gula. Jauhi camilan yang gurih-gurih, keripik, kacang-kacangan, rempeyek, jajanan pasar, minuman manis, dan lain-lain.

Lakukan latihan olahraga sedikitnya 5 kali dalam seminggu, selama 1 jam setiap kali latihan. Jalan kaki merupakan olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan (BB), asalkan dosis dan waktunya mencapai target. Agar lebih berkhasiat, olahraga jalan kaki dapat dikombinasikan dengan joging. Denyut nadi ketika latihan hendaknya mencapai zona latihan, yaitu antara 140-165 denyut nadi per menit.

Latihan paling baik Anda lakukan di pagi hari, sekitar pukul 5 pagi, karena udara pagi hari masih segar untuk dihirup. Cobalah kombinasikan latihan Anda ini dengan pola diet 1.200 Kalori seperti yang saya contohkan di bawah ini. Semoga  penurunan berat yang Anda inginkan  tercapai.

Pola Menu 1200 Kalori
Protein    : 65g
Lemak    : 45g
Karbohodrat :134g

Pagi:
Segelas susu nonfat (2 sdm susu + 1 sdt gula)
1 lembar roti tawar

Selingan pk. 10.00:
150 g buah segar, mis: 1 buah apel atau 1 potong pepaya

Siang:
100 g (4 sdm)    nasi
50 g (1 potong)    daging/telur/ikan
50 g (1 potong)    tahu/tempe
100 g (1 gelas)    sayuran

Band All Time Low

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Konser Forever: Live in Jakarta ini diharapkan akan menarik minat banyak pecinta musik, terutama mereka yang menyukai pop-punk, rock alternatif, dan emo di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024