Jangan Tularkan Stres pada Anak

VIVAnews - Bayi atau anak Anda mungkin terlalu kecil untuk mengerti bahasa orang dewasa. Tetapi, mereka bisa merasakan emosi orang tuanya. Jadi, saat keadaan emosi Anda sedang tidak stabil atau dalam keadaan stres, si kecil bisa langsung merasakannya.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Bahkan, menurut dokter anak dan anggota Komite Dokter Anak di Amerika, Andrew Garner, saat orang tua berada dalam keadaan stres sang anak juga akan mengalami stres yang sama.

Hal itu diungkapkan Garner setelah mengadakan penelitian terhadap manusia dan binatang. Anak atau bayi memiliki perasaan yang sangat sensitif. Jika sejak kecil anak dan bayi Anda sering merasakan stres dan tekanan emosional, dampaknya akan sangat negatif bagi perkembangan fisik maupun psikologisnya.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Anak dan bayi menjadikan orang tua sebagai panutan. Jika sebagai orang tua Anda tidak bisa mengatasi stres dengan baik, kemungkinan mereka meniru cukup besar. Kondisi tersebut dapat terjadi pada setiap anak.

Penelitian lain dilakukan oleh dokter dari bagian Kesehatan Mental Universitas California, AS, Robert C. dan Delphine Wentland. Mereka juga menemukan bahwa gejala stres yang dialami seorang ibu, akan dialami pula oleh anaknya yang berusia 2 tahun.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident

Centers For Disease Control and Prevention, USA (CDC) mengungkapkan, stres yang berkepanjangan pada anak akan berpengaruh pada perkembangan otaknya. Saat mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa mengganggu hubungan antara sirkuit-sirkuit di otak dan akan berpengaruh pada perkembangan otak kecil.

Hormon yang keluar akibat stres berat juga berpengaruh pada menurunnya imunitas seseorang dan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Bila hormon yang keluar akibat stres itu terus bertambah, bisa timbul kerusakan pada memori otak.

Anda pasti tidak ingin hal itu terjadi pada si kecil, kan? Mulai sekarang cobalah untuk mengatasi stres dengan baik. Atasi stres Anda dan kembali segarkan pikiran. Dengan pikiran yang segar Anda akan menyebarkan energi positif bagi sang buah hati dan orang-orang di sekitar Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya